Jangan Diabaikan, Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Berkunjung ke Rumah Sakit

  • Admin Buleleng
  • 16 Mei 2019
  • Dibaca: 213 Pengunjung

MENGUNJUNGI teman atau keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit sudah seperti suatu kewajiban, di mana semua orang pasti selalu menyempatkan datang untuk sekadar menengok agar mengetahui bagaimana perkembangan kondisi dari kerabatnya tersebut.

Saat mengunjungi kerabat yang sedang dirawat, terkadang orang suka membawa barang seperti boneka, bunga, atau pun barang lainnya yang memberi kesan romantis. Namun tahukah kamu, bahwa barang-barang ini malah justru dapat membawa kuman dari luar ke dalam rumah sakit?

al pertama adalah jangan berkunjung saat kondisi tubuh tidak fit. Biasanya, orang yang sedang mengalami flu atau batuk tidak merasa bahwa dirinya sakit. Tapi ternyata, kondisi yang seperti ini justru sangat tidak disarankan berkunjung ke rumah sakit. Sebaiknya kalau dalam kondisi sakit, lebih baik tidak datang berkunjung.

Selain itu, kita tahu bahwa orang yang dirawat adalah orang yang membutuhkan istirahat lebih banyak daripada orang lainnya. Meskipun tidak dibatasi, ada baiknya untuk memperhatikan waktu-waktu tertentu saat hendak datang melakukan kunjungan.

“Seringkali, banyak orang datang berkunjung tidak memperhatikan waktu. Sebaiknya datang saat pasien memang sedang tidak istirahat, jangan pas pasien masih istirahat,”

Banyak dari orang yang melakukan kunjungan, membawa barang dengan maksud untuk membuat orang yang dirawat merasa sedikit lebih baik. Tapi ternyata, barang-barang dari luar ini justru malah bisa membawa kuman yang ada ke dalam.

“Biasanya kan bawa bunga yang sebenarnya tidak terlalu penting. Malah justru bunga mungkin akan membawa mikroba dari luar ke dalam kamar,” imbuhnya.

Ada aturan di rumah sakit untuk selalu melakukan cuci tangan yang di mana ini penting dilakukan sebelum berkunjung dan sesudah selesai melakukan kunjungan. Karena biasanya pengunjung datang akan bersalaman dengan pasien, maka hal ini penting dilakukan.

“Sebelum pengunjung masuk ke dalam kamar rawat inap dan menyentuh pasien, sangat penting untuk mereka mencuci tangannya terlebih dahulu agar mikroba dari luar tidak terbawa ke dalam. Setelah melakukan kunjungan juga harus mencuci tangan lagi agar mikroba di dalam ruangan rawat inap tidak terbawa ke luar,” tutupnya.

 

by: lifestyle.okezone.com

Share Post :