Camat Buleleng Buka Sosialisasi Puskessos dan SLRT Dari Dinas Sosial Kabupaten Buleleng

  • Admin Buleleng
  • 14 Oktober 2020
  • Dibaca: 91 Pengunjung

Bertempat di Ruang rapat Kantor Lurah Liligundi. Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka,S.IP  rabu pagi,(14/10) membuka secara langsung Sosialisasi Puskessos (Pusat Kesejahteraan Sosial) dan SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

Dinas Sosila yang hadir pada kesempatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinsos Buleleng Putu Gopi Suparnaca,S.Sos didampingi Kabid Perlindungan Jaminan Sosial, Yayan Sutrisna, S.Sos,sekaligus mengundang para Perbekel / Lurah  se-Kecamatan Buleleng.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Sosial Putu Gopi Suparnaca memaparkan maksud dan tujuannya dalam pelaksanaan sosialisasi hari ini. Dimana beliau menyampaikan Kesejahteraan Sosial adalah isu strategis Nasional melalui nya SIKS-NG, menyerap informasi masyarakat miskin di ujung tombak pemerintah Desa/Kelurahan menjadi sebuah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial/DTKS, DTKS inilah SBG backboundnya beragam kucuran bantuan sosial pusat ke daerah. Kuncinya optimalisasikan baik, tata kelo, dari Sumber Daya yang ada, baik SDM admin utk selalu up-to-date data miskin sesuai muskel/musrah, dan  secara kelembagaan, terbentuknya wadah khusus untuk layanan masyarakat miskin di masing-masing Kelurahan/Desa, optimal sarpras yg ada dan simplekan sistem langsung dari antar masyarakat ke layanan data terpadu kesos.

Tentu ada kendala dan pasti ada solusi, dalam menyikapi ini mari sinergi bersama stakeholder yg terkait guna memecahkan masalah demi kelancaran teknis di lapangan. “ Nah ketika ada perubahan data, dan menyerap data terbaru yg tercecer ini masuk dalam Sistem Layanan Rujukan Terpadu Puskesos Desa/Kelurahan” Ungkap Gopi.

Camat Buleleng dalam sambutannya di sela membuka acara tersebut, sangat mengapresiasi positif apa yang menjadi inovasi dari pemerintah dalam hal ini melalui Dinas Sosial dalam upaya mewujudkan kesejahteraan dimasyarakat, harapannya persoalan-persoalan yang timbul di Desa / Kelurahan akan dibuatkan wadah secara khusus yang nantinya masyarakat dapat melapor, mengadu, menyampaikan tentang permasalahan sosial yang dihadapi di setiap Desa / Kelurahan. Maka dengan ini Pemerintah Desa / Kelurahan memerlukan persiapan yang matang dan Sinergitas dengan SKPD yang lain sehingga permasalah sosial dapat diatasi.

Begitu pula disampaikan oleh salah satu Perwakilan Perbekel. Disampaikan oleh Perbekel Nagasepaha I Wayan Suweken mengungkapkan harapannya, melalui program ini harapkan benar-benar bekerja mendata masyarakat miskin dan kurang mampu supaya mampu ditangani secara ekonomi, Sehingga Pemerintah Desa dan pemerintah Daerah dapat mengkaji presentase masyarakat yang miskin dan kurang mampu untuk dapat didata. Serta sangat antusias dengan program ini, dapat terlaksana sehingga dapat mengentaskan permasalahan kemiskinan yang ada di Kabupaten Buleleng.Ungkap Sumeken.

Share Post :