Camat Buleleng Hadiri Pengukuhan Kelian Desa Adat Penglatan

  • Admin Buleleng
  • 03 Agustus 2020
  • Dibaca: 108 Pengunjung

Bertepatan pada rahina Purnamaning sasih Karo wuku Tolu, Senin(3/8). Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka,S.IP, menghadiri undangan prosesi upacara pengukuhan di sertai mejaya-jaya, kepengurusan Kelian Desa Adat Penglatan bertempat di Pura Bukit Kencana Mas.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua Majelis Adat Kecamatan Buleleng, Perbekel Desa Penglatan, Nyoman Budarsa, serta dihadiri para Prajuru Adat Desa Penglatan dan Tokoh Masyarakat Desa setempat.

Prosesi Pengukuhan mejaya-jaya berjalan hidmat, dimana Nyoman Panca, S,Pd menggantikan Wayan Susila, S.Sos selaku Kelian bendesa Adat yang baru Masa Bhakti 2020-2025. Pemilihan kelian desa adat penglatan dilaksanakan sesuai awig-awig Desa adat pakraman penglatan yang menyatakan kelian desa adat Penglatan dipilih dan berasal dari krama wed negak dengan masa bakti selama lima tahun dan dapat dipilih kembali.

Camat Buleleng dalam kesempatan tersebut menyampaikan dan berpesan dalam sambuatnnya, berharap kelian Desa Adat khusunya Desa Adat Penglatan yang sudah dikukuhkan melalui prosesi upacara mejaya-jaya, bisa mengemban tugas dengan baik untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan desa adat penglatan. Diharapkan program kedepan dapat memberdayakan krama adat, diantaranya melalui pelatihan-pelatihan kepada steak holder terkait, serta tetap bersinergi bersama Desa Dinas didalam melaksanakan Program dan trobosan untuk selanjutnya.

Share Post :