Camat Buleleng Wakili Bupati Buleleng Hadiri Bhakti Penganyar di Pura Desa Bale Agung Desa Adat Anturan.

  • Admin Buleleng
  • 19 November 2019
  • Dibaca: 161 Pengunjung

Senin,(18/11). Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos, M.Si, mewakili Bupati Buleleng menghadiri Piodalan di Pura Desa Bale Agung Desa Adat Anturan.

Bertepatan pada rahinan Sasih Kelima, puncak piodalan di Pura Desa Bale Agung sudah dilaksanakan pada Buda Paing wuku Wayang, sampai kali ini tahapan piodalan di laksanakan bhakti penganyar.

Piodalan di Pura Desa Bale Agung, Desa Adat Anturan dilaksanakan,  dengan tahapan Upekara dan Upacara dewayadnya, karya agung ngenteg linggih, melaspas, memungkah, tawur gentuh, mapedudusan agung, Ida Bhatara Turun Kabeh berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Camat Buleleng mewakili Bupati Buleleng  beserta  hadir DPRD Kabupaten Buleleng yang di hadiri wakil Ketua DPRD Kab.Buleleng, Gede Suradnya, SH., Kepala Dinas Tenaga Kerja, serta Kepala Kementrian Agama Kab.Buleleng secara bersama-sama malaksanakan persembahyangan di Pura Desa Bale Agung Desa Adat Anturan.

Usai melaksanakan serada bhakti/bhakti penganyar, Kelian Desa Adat Anturan, Ketut Mangku, menyampaikan serangkaian tahapan upacara mulai dari tahapan proses pembangunan sampai prosesi upacara ngenteglinggih di Pura Desa Bale Agung.

Pura Desa Bale Agung Desa Adat Anturan  di perbaiki secara total, dengan menghabiskan anggaran kurang lebil 2, 5 milyar. Dimana sumber dananya diantaranya 20 persen dari keuntungan Lembaga Perkreditan Desa(LPD) Desa Adat Anturan. Selain itu' bersumber dari Bantuan Khusus Keuangan(BKK) dan di sertai swadaya masyarakat Desa Adat Anturan.

Kementrian Agama Kabupaten Buleleng, ikut serta menghadiri undangan bhakti penganyar  piodalan Pura Desa Bale Agung, dihadiri oleh Bapak Agung Sumerjana, dalam sambutannya sangat mengapresiasi  semangat goyong royong didalam pelaksanaan upacara besar yg dilaksanakan oleh Desa Adat Anturan.

Dimana kesadaran serada bahkti sangat kelihatan di Desa Adat Anturan, semangat yang luar biasa dan kekompakan serta dukungan didalam pelaksanaan upacara yang dilaksanakan mulai tahapan pembangunan sampai pelaksanaan upacara ngetenglinggih di pura Desa Bale Agung berjalan lancar dan sukses.

Begitu pula disampaiakn oleh DPRD Kabupaten Buleleng, yang dihadiri oleh wakil ketua DPRD Kab.Buleleng, Gede Suradnya, SH,   beliau sangat bersyukur didalam pelaksanaan piodalan di pure Desa Bale Agung Desa Adat Anturan berjalan lancar.

Serta Bupati Buleleng dalam sambutannya, yang diwakili oleh Camat Buleleng, juga mengapresiasi upacara piodalan di pura Desa Bale agung Desa Adat Anturan, yang sudah berjalan lancar  bedasarkan serada bahakti, rasa goyong royong oleh krama Desa Adat Anturan.

Hal ini bertujuan menyelaraskan Bhuana Agung dan Bhuana Alit dengan diawali serada bhakti terhadap ida sanghyang widi wasa yang beristana di Pura Desa Bale Agung Desa Adat Anturan.Tujuannya adalah  santi jagathita, memohon keselamatan kepada ida bhatara yang beristana di Pura Desa Bale agung.

Usai sambutannya, Bupati Buleleng di wakili Camat Buleleng memberikan Dana Punia sebesar 5 Juta Rupiah yang di terima langsung oleh Kelian Desa Adat Anturan, Ketut Mangku, disertai dengan ucapan terimakasih terhadap Bupati Buleleng sudah memberikan punia pada piodalan agung di Pura Desa Bale Agung Desa Adat Anturan.

Share Post :