Hari Kedua Penampilan Lomba Janger Tingkat SMP Se-Kabupaten Buleleng

  • Admin Buleleng
  • 23 April 2019
  • Dibaca: 84 Pengunjung

Penampilan lomba Janger tingkat SMP se-Kabupaten Buleleng di hari kedua sangat menarik, tak kalah penampilan  dihari pertama. Masyarakat Buleleng sangat antosias menyaksikan penampilan masing-masing Sekaa Janger yang tampil di atas panggung utama Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni (PAS), senin,(22/4/19).

Usai pementasan, para Dewan juri mengumumkan sekaligus menetapkan para Sekaa Janger tingkat SMP se-Kabupaten Buleleng, yang meraih juara satu sampai dengan juara harapan tiga. Sekaa Janger SMPN 1 Singaraja berhasil meraih juara 1 pada Lomba Janger Tingkat Sekolah Menengah Pertama pada Hiburan Rakyat dan Pekan Apresiasi Seni (PAS), disusul oleh Sekaa  Janger dari SMPN 2 Banjar sebagai juara II dan SMPN 1 Sukasada sebagai juara III.

Sementara juara harapan I,II dan III, masing-masing diraih oleh SMPN 2 Busungbiu, SMPN 2 Seririt dan SMPN 2 Sawan. Penilaian dilakukan oleh 3 juri dari Akademisi Institut Seni Indonesia (ISI) yang terdiri dari Ni Ketut Suryatini, S.Skar. S.Sn.,, Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd., dan 3. I Gede Oka Surya Negara, S.ST., M.Sn,. Masing-masing juara pihak panitia memberikan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan sejumlah Rp 12 juta untuk sang juara I. Juara II dan III masing-masing memperoleh Rp 11,5 juta dan Rp 11 juta.  Sedangkan juara harapan I, II dan II diberikan Rp 10,5 juta, Rp 10 juta, dan Rp 9,5 juta. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada puncak Hiburan Rakyat dan PAS pada Senin 29 April 2019.

Tari Janger Khas Menyali ini merupakan Jenis Tari Janger yang unik dari Tari Janger lainnya. Tari Janger Khas Menyali memiliki ciri-ciri penari laki-laki mengenakan pakaian berupa baju putih lengan pendek dengan celana pendek dan sepatu lengkap dengan kaus kaki. Mereka juga mengenakan baret berwarna merah, kacamata hitam dan arloji di pergelangan tangan mereka. Gerakan tarian yang dilakukan menunjukkan kekuatan dan ketangkasan yang merupakan ciri khas melekat erat pada para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Share Post :