Kecamatan Buleleng Gelar Rapat Peningkatan Kapasitas Aparatur Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng

  • Admin Buleleng
  • 15 Januari 2020
  • Dibaca: 172 Pengunjung

Pemerintah Kecamatan Buleleng, Rabu(15/1) bertempat di Gedung Unit IV Kantor Bupati Buleleng menggelar rapat peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Kelurahan. Rapat diselenggarakan selama 1 hari, dimana mengundang Lurah mengajak Sekretaris dan para Kasi dari 17 Kelurahan se-Kecamatan Buleleng.

Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara ,S.Sos, M.Si, memimpin sekaligus membuka secara langsung dalam rapat tersebut, dihadiri oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng, I Putu Karuna,S.H serta dihadiri pula Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng, Ir.Nyoman Genep, MT disela pembukaan rapat dimaksud.

Dalam rapat berlangsung, Camat Buleleng menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya peningkatan Kapasitas Aparatur di Kelurahan. Peningkatan Kapasitas aparatur di Pemeritah Kelurahan yang terdiri dari 17 Kelurahan se Kecamatan Buleleng, dilaksanakan dalam rangka evaluasi kinerja setiap tahun dengan harapan program yang dilaksanakan tepat sasaran, dan benar-benar bermanfaat.

Dijelaskan pada awal tahun 2020, Kecamatan Buleleng kembali melaksanakan penganggaran dana terhadap kelurahan di Kecamatan Buleleng. Dimana masing-masing kelurahan akan menggelola anggaran sebesar  1,4 Milyar. Dengan adanya tambahan yang cukup beser itu aparatur yang ada di kelurahan khususnya yang ada di kecamatan buleleng, diharapkan dapat mengelola dengan tata kelola yang baik dan benar supaya sesuai dengan regulasi yang ada. Kegiatan sosialisasi yang mengundang Bappedalitbang Kabupaten Buleleng, BPKPD Kabupaten Buleleng, Inspektorat Kabupaten Buleleng sebagai narasumber, diharapkan aparatur yang ada dikelurahan mampu mengelola anggaran dengan baik, tentunya juga didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Untuk peserta dari masing-masing kelurahan berjumlah sebanyak 5 orang. Nantinya peserta ini akan diberikan pemaparan terkait dengan hal-hal yang mesti diketahui dalam mengelola anggaran dan mempertanggungjawabkannya  melalui disiplin kerja dan meningkatkan kinerja terhadap aparatur di kelurahan. Kendala yang dihadapi selama ini  yaitu kualitas aparatur di masing-masing kelurahan. Meskipun demikian,  Kecamatan Buleleng akan memberikan bimtek-bimtek untuk lebih meningkatkan kapasitas terhadap seluruh lurah yang merupakan kuasa pengguna anggaran," ungkap Camat Buleleng.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Genep, mengatakan saat ini kelurahan cukup banyak mengelola anggaran. Dengan demikian dibutuhkan suatu kemampuan untuk merencanakan penggunaan anggaran tersebut, sehingga tidak terjadi masalah setelah perealisasiannya.

Beliau berharap agar setiap kelurahan mampu membuat program-program yang harmonis dengan Kabupaten. Melalui harmonisasi tersebut terdapat slot-slot anggaran yang bisa ditangkap oleh masing-masing kelurahan, dengan demikian Bappedalitbang Buleleng akan melakukan pemantauan dari segi capaian target kinerja yang dilakukan oleh seluruh kelurahan yang ada di Kabupaten Buleleng,''ujar Kepala Bappeda Kab.Buleleng, Ir.Nyoman Genep.

Hadir serta diikuti pula dari Kecamatan sukasada dari kelurahan Sukasada dan 1 kelurahan dari kecamatan Seririt. Banyak hal yang dibahas serta materi yang diberikan terhadap narasumber dalam rapat, acara dilaksanakan sampai pukul 12.30 dimana diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Share Post :