Kecamatan Buleleng Ikut Serta Lomba Serangkaian Bulan Bahasa Bali di Tahun 2020

  • Admin Buleleng
  • 04 Pebruari 2020
  • Dibaca: 2586 Pengunjung

Dalam rangka pelaksanaan bulan bahasa Bali ke-2 di tahun 2020, melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng pada hari ini selenggarakan berbagai  Lomba. Ada 7 Lomba yang diselenggarakan kali ini diantaranya: Lomba Bali Grafi, Lomba Pidato Bahasa Bali, Lomba Mengetik Aksara Bali, Lomba Nyastra Bali, Lomba Nyurat Aksara Bali, Lomba Debat Bahasa Bali serta Lomba Ngewacen Aksara Bali. Selasa(4/2) bertempat di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan Kab.Buleleng.

Kecamatan Buleleng ikut serta dalam lomba tersebut, lomba yang diikuti diantaranya: Lomba Nyurat Aksara Bali di wakili Kelurahan Penarukan no urut undi 1, Lomba Pidarta Bahasa Bali diwakili oleh Kelian Desa Adat Anturan no undi 7, Lomba Mesatua Bali diwakili oleh TP PKK Kelurahan Banyuning no urut undi 9, Lomba Bali Grafi diwakili oleh Desa Tukadmungga urut undi 8, dan Lomba Ngewacen Aksara Bali  diwakili oleh Desa Penglatan dengan no urut undi 8.

Hadir mendampingi para peserta lomba, Kasi Pembangunan Kantor Camat Buleleng, I Gede Riawan Arya, SH, se ijin Camat Buleleng bersama Ketua TP PKK Kecamatan Buleleng, Ny. Satya Reni Aksara sekaligus dihadiri pula Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Buleleng.

Sebelum lomba di mulai, Asisten II Setda Kabupaten Buleleng Ni Made Rousmini membuka secara resmi lomba dimaksud. Dalam sambutannya menyampaikan diselenggarakannya Bulan Bahasa Bali bertujuan melestarikan budaya Bali dalam hal berbahasa Bali.  Budaya Bali berbahasa Bali harus dilestarikan agara tidak punah di kemudian hari. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan pergaulan yang mendunia, tantangan terhadap lestarinya budaya Bali cukup besar, dan jika tidak disikapi akan berdampak pada tergerusnya bahkan dapat menghilangkan Bahasa Bali. Karena itu diharapkan semua pihak dari para guru, siswa, mahasiswa, masyarakat dan ibu-ibu ikut berpartisipasi bergerak melestarikan budaya leluhur khususnya Bahasa Bali. Pelaksanaan bulan bahasa Bali ke-2 di tahun 2020 bertemakan “Melarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Atma Kerthi”.

Share Post :