Pembinaan Ke 2 Subak Sawah Sidayu Oleh Tim Pembina Kecamatan Buleleng

  • Admin Buleleng
  • 13 Maret 2020
  • Dibaca: 279 Pengunjung

Tim Pembina Kecamatan Buleleng yang terdiri dari unsur PHDI Kecamatan Buleleng, Unsur BPP Kecamatan Buleleng Jumat Pagi (13/3) bertempat di Pura Subak Sidayu kembali melaksanakan pembinaan yang ke dua kalinya.

Kasi Sosial dan Budaya Kantor Camat Buleleng, I Ketut Suryantini, S.Sos,M.Si, seijin Camat Buleleng pimpin langsung pembinaan dimaksud, dengan  mengajak seluruh Tim Pembina Kecamatan Buleleng. Hadir pula penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Buleleng.

Pembinaan diterima langsung oleh Kelian Subak Sawah Sidayu berserta Krama Subak. Subak Sawah Sidayu kali ini selaku duta Kecamatan Buleleng wakili lomba subak di tingkat kabupaten. Diminta oleh Kasi Sosbud disela sambutannya untuk semangat serta mendukung apa yang menjadi program Pemkab Buleleng didalam mejaga dan melestarikan Adat dan budaya melalui perlombaan ini.

Hal ini sudah menjadi agenda rutin dilaksanakan setiap tahunnya melalui Dinas Kebudayaan Kab.Buleleng dalam menyelenggarakan lomba persubakan, dengan tujuan menjaga tradisi warisan leluhur dalam melindungi adat dan istiadat terutama di bidang persubakan.

Ketua Tim pembina Kecamatan Buleleng menyampaikan disela pembinaan, agar betul-betul mengikuti petunjuk dari Tim Pembina Kecamatan maupun nantinya oleh Tim Pembina Kabupaten Buleleng di dalam pembinaan.

Kreteria pembinaan subak basah/sawah diantaranya: 1.Baga Parhyangan (hubungan manusia dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa), 2. Pawongan (Hubungan antar krama yang mencangkup tentang keberadaan anggota, kepengurusan, tata cara rapat, ketatausahaan dan awig-awig), 3. Palemahan (Tanah atau wilayah). Dari ketiga baga tersebut dihimbau agar betul-betul mengikuti pembinaan sesuai petujuk dan arahan dari Tim Kecamatan maupun nantinya oleh Tim Pembina Subak Kabupaten.

Share Post :