Pembinaan Subak Basah Lanyaan Oleh Tim Pembina Kecamatan Buleleng

  • Admin Buleleng
  • 12 Juni 2019
  • Dibaca: 81 Pengunjung

Dalam rangka persiapan pembinaan oleh Tim Pembina Kabupaten Buleleng, nantinya akan dilaksanakan tanggal, 13 Juni 2019, Tim Pembina Subak Basah Kecamatan Buleleng melaksanakan pembinaan di Subak Basah Lanyaan Desa Nagasepaha, Rabu (12/6).

Acara tersebut dihadiri oleh Ka.Si Kes.Sossial dan Budaya Kantor Camat Buleleng, Dayu Komang Sadrika selaku Ketua Tim Pembina Kecamatan Buleleng, didampingi para anggota Tim Pembina Kecamatan Buleleng, secara bersama-sama melaksanakan pembinaan di masing-masing baga. Hadir pula Penyuluh Bahasa Bali Kecamatan Buleleng, unsur dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, PHDI dan WHDI Kecamatan Buleleng mendampingi Tim Pembina Kecamatan Buleleng dalam pembinaan kali ini.

Acara dibuka oleh Kelian Subak Sawah Lanyaan. Disela pembukaan, Kelian Subak Lanyaan sangat mengapresiasi pembinaan yang dilaksanakan oleh Tim Pembina Kecamatan, maupun nantinya oleh Tim Pembina Kabupaten Buleleng, serta mengucapkan terimakasih karena subak sawah lanyaan di berikan kesempatan dalam pembinaan di tahun ini, dengan harapan bisa meningkatkan pengetahuan, baik secara administrasi maupun tatacara pengelolaan di masing-masing bage.  

Ketua Tim pembina Kecamatan Buleleng menyampaikan disela pembinaan, agar betul-betul mengikuti petunjuk dari Tim Pembina Kecamatan maupun nantinya oleh Tim Pembina Kabupaten Buleleng di dalam pembinaan, Pembinaan Tim Kabupaten dilaksanakan esok hari tanggal 13 Juni. “Ditahun ini, Subak Sawah/Basah tidak dilombakan, melainkan hanya diberikan pembinaan, akan tetapi pembinaan ini sama halnya dengan perlombaan mulai dari  Baga Parhyangan, Pawongan dan Palemahan,” Ucap Kasi Sobud Dayu Sadrika, disela sambuatannya.

Subak Lanyaan Desa Nagasepaha nantinya akan dibina oleh Tim Pembina Kabupaten, dalam hal ini mewakili Kecamatan dalam pembinaan subak di tahun ini. Adapun kreteria pembinaan subak basah/sawah yang akan dibina diantaranya: 1.Baga Parhyangan (hubungan manusia dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa), 2. Pawongan (Hubungan antar krama yang mencangkup tentang keberadaan anggota, kepengurusan, tata cara rapat, ketatausahaan dan awig-awig), 3. Palemahan (Tanah atau wilayah). Dari ketiga baga tersebut dihimbau agar betul-betul mengikuti pembinaan sesuai petujuk dan arahan dari Tim Kecamatan maupun Tim Pembina Subak Kabupaten.

Share Post :