PPTI Cabang Buleleng Melaksanakan Penyuluhan Serta Pemberian Paket PMT di Kantor Camat Buleleng

  • Admin Buleleng
  • 01 November 2019
  • Dibaca: 58 Pengunjung

Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Cabang Buleleng melaksanakan penyuluhan sekaligus pemberian Paket Makatan Tambahan (PMT) terhadap pasien penderita TBC  (tuberculosis) pasien dari  4 Puskesmas diantaranya; Puskesmas Buleleng I, II, dan III serta Puskesmas I Sukasada.

Diterima langsung oleh Sekretaris Camat Buleleng, Ni Putu Sri Sundariani, S.STP mewakili Camat Buleleng, membuka sekaligus mendampingi dari Tim PPTI Cabang Buleleng dimana dipimpin oleh Ketua PPTI Cabang Buleleng, dr.A.A Oka Sulasmi.

Sebanyak 100 orang undangan penerima bantuan makanan tambahan dari pasien penderita TBC mengikuti dari sosialisasi terkait penyuluhan serta pengobatan dari penderita TBC pasien dari 4 Puskesmas dari 2 Kecamatan di antaranya Kecamatan Buleleng dan Sukasada. Bantuan paket Makanan tambahan yang diberikan diantaranya sembako bahan pokok makanan sehari-hari.

Disela sosialisasi Ketua PPTI Cabang Buleleng, dr.A.A Oka Sulasmi, menjelaskan terkait pengobatan serta dijelaskan pula ciri-ciri pasien dari penderita TBC (tuberculosis). Dimana pasien penderita mempunyai tanda dan gejala gejala TBC bisa berupa batuk yang berlangsung 2 minggu atau lebih, dahak atau batuk darah, sesak napas, demam atau meriang, berkeringat di malam hari tanpa ada aktivitas fisik, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, lelah dan lemah.

Gejala TBC seperti di atas bisa jadi disebabkan oleh penyakit lain yang berhubungan dengan paru-paru. Masih ada gejala-gejala lainnya, ucap Ketua PPTI Cabang Buleleng disela pemaparan materinya.  Dijelaskan pula, TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (MTB) yang dapat menyebar melalui udara. Bakteri ini dapat terhirup jika terjadi kontak dengan penderita tuberculosis atau melalui udara yang sudah dicemari penyakit TBC melalui batuk. Untuk mengatasi penyakit TBC (tuberculosis) harus Ikuti instruksi dokter mengenai kebersihan diri dan lingkungan.

Share Post :