Tim Pembina Kecamatan Buleleng Dampingi Tim Pembina Kabupaten Kembali Melaksanakan Pembinaan Lomba DSL di Desa Sari Mekar

  • Admin Buleleng
  • 20 Mei 2019
  • Dibaca: 58 Pengunjung

Senin,(20/5/19) bertempat di ruang rapat Kantor Perbekel Desa Sari Mekar. Tim Pembina Kecamatan Buleleng mendampingi Tim Pembina Kabupaten Buleleng kembali melaksanakan pembinaan Lomba Desa Sadar Lingkungan (DSL) di Tahun 2019, didalam persipan lomba Desa Sadar Lingkungan (DSL) antar Kecamatan di tingkat Kabupaten.

Selain itu, hal ini dilaksanakan untuk mematangkan kembali kesiapan didalam apa yang menjadi kreteria lomba, mengingat Desa Pakraman Runuh selaku duta mewakili Kecamatan Buleleng dalam lomba Desa Sadar Lingkungan tingkat Kabupaten.

Acara tersebut di buka sekaligus dihadiri oleh Kasi Pelayanan Terpadu,Ni Ketut Darmi, SH selaku Ketua Tim Pembina Kecamatan Buleleng beserta Anggota Tim Kecamatan, dengan menghadirkan Kelian Dusun dan Masyarakat yang ikut serta dalam lomba di masing-masing aspek yang akan dinilai. Hadir pula Tim Pembina Kabupaten,  Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Ir. Nyoman Suarjana, beserta Tim pembina lainya.

Kasi Pelayanan Terpadu dalam sambutannya menyampaikan sekaligus memberian arahan kembali terhadap Tim di masing-masing Aspek Desa Sarimekar. Dalam arahannya,  untuk selalu antosias dan semangat didalam mengikuti pembinaan lomba DSL selaku duta mewakili Kecamatan Buleleng. Serta mengikuti arahan Tim pembina Kabupaten di dalam pembinaan masing-masing bidang dan kawasan.

Kreteria yang akan dinilai diantaranya , Kawasan Kayangan Tiga, Kawasan Pemukiman, Kawasan Umum, Kawasan Perairan  yang terbagi menjadi  6 Aspek diantaranya, Aspek Kebersihan, Aspek Penghijauan dan Perindangan, Aspek Partisipasi Masyarakat, Aspek Pengelolaan Limbah Cair, Aspek Peraturan Dalam Awig-awig/Perarem dan Aspek Penyediaan Sarana Kebersihan. Dari ke empat Kawasan yeng terdiri dari enam Aspek tersebut nantinya dinilai oleh Tim penilai Kabupaten.

Lomba Desa Sadar Lingkungan (DSL) yang setiap tahun dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan juga meningkatkan kesehatan terhadap masyarakat itu sendiri, dan yang paling penting dari pelaksanaan lomba DSL yakni terwujudnya wilayah Desa Pakraman yang bersih, sehat lestari dan indah sesuai dengan nilai-nilai Tri Hita Karana.

Share Post :