(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

10 Manfaat Konsumsi Buah Jeruk untuk Kesehatan

Admin buleleng | 14 Maret 2021 | 148451 kali

Jeruk merupakan sebuah buah yang memiliki khasiat. Jeruk yang merupakan buah sitrus memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu.

Kandungan phytochemicals dapat mencegah beberapa penyakit kanker. Mengutip Boldsky, berikut manfaat jeruk.

1. Melancarkan Pencernaan
Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut ada pada jeruk. Untuk itu, jeruk bagus untuk membuat perut Anda tetap sehat. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar.

Jeruk pun bisa merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Ini adalah cara paling enak untuk menghilangkan sembelit.

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi
Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya dan akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga membuat tekanan darah terkendali.

3. Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya kanker. Senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan di jeruk memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Antioksidan hadir dalam jeruk ini melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung. Hal itu dapat memicu serangan jantung.

Namun serangan jantung ini bisa dicegah dengan anti ksidan yang ada di Jeruk. Kandungan ini membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jeruk penuh dengan vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan dengan meningkatkan vitamin. Bila kekebalan tubuh kita kuat, tubuh mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.

6. Memurnikan Darah
Jeruk adalah pembersih alami. Flavonoid yang ada di dalamnya dapan meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

7. Memperkuat Tulang
Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Nah, jeruk memiliki cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

8. Memperkuat Gigi
Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi. Mereka memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Gigi pun juga mencegah perkembangan plak serta melapisi gigi di lapisan pelindung dan mencegah korosi. Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut

9. Mencegah Penyakit Ginjal
Studi telah menemukan bahwa konsumsi jus jeruk secara teratur membantu mencegah batu ginjal. Pasalnya, jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya. Jeruk juga membantu fungsi ginjal dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula, mengurangi stres pada mereka.

10. Membantu Mencegah Asma
Konsumsi jeruk secara teratur diketahui menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi radang saluran napas. Serta juga menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena diketahui meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.