(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Begini Cara Membersihkan Buah dari Pestisida, Air saja Tak Cukup

Admin buleleng | 12 Maret 2021 | 601 kali

Buah-buahan dan sayuran yang baru dibeli sebaiknya dicuci sebelum dikonsumsi. Pencucian ini bukan hanya untuk menghilangkan debu atau kotoran, tapi juga pestisida yang menempel. Belum lagi, banyak buah yang ditambahkan dengan bahan-bahan kimia agar tampil lebih menarik. Pestisida dan bahan kimia ini bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi. Bisakah bahan-bahan tersebut hilang hanya dengan air biasa?

Mencuci buah-buahan yang mengandung pestisida dan bahan kimia dengan air saja  ternyata tidak cukup. Kotorannya mungkin hilang, tapi tidak dengan pestisidanya. Namun, ada cara mudah yang dapat Anda gunakan, yaitu menggunakan soda kue atau sodium bikarbonat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry, soda kue disebut dapat membantu membersihkan buah-buahan dan sayuran dari bahan-bahan kimia. Hal itu telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang mencuci apel dengan tiga produk berbeda, yaitu Clorox bleach, baking soda, dan air keran biasa.

Setelah itu, mereka mengecek jumlah pestisida yang masih menempel. Hasilnya, apel yang direndam dalam air yang mengandung 1 persen soda kue, selama delapan menit, memiliki pestisida yang jauh lebih sedikit dibandingkan ketika mereka dicuci dengan produk lain. Setelah 12 hingga 15 menit, ditemukan bahwa semua pestisida dari apel terhanyut.

Soda kue disebut dapat memecah dua jenis pestisida - thiabendazole dan phosmet. Sayangnya, bahan kue ini tidak memiliki efek yang sama pada jenis pestisida lain.

Perstisida merupakan bahan beracun yang dirancang membunuh makhluk hidup tertentu. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa zat kimia ini berbahaya untuk kesehatan. Salah satu yang terbaru adalah pestisida disebut dapat menyebabkan autisme pada anak yang terpapar, baik sejak di dalam kandungan maupun di tahun pertama kehidupannya.

Sumber: rsud.buleleng