(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Puncak Piodalan Parhyangan Padmasana Kantor Camat Buleleng

Admin buleleng | 25 Januari 2024 | 153 kali

Bertepatan pada rahina  Purnama sasih Kawolu, Wraspati wuku Gumbreg Kamis, (25/1) merupakan puncak Piodalan di Parhyangan Padmasana Kantor Camat Buleleng.

Pelaksanaan piodalan berlangsung khidmat, secara bersama-sama melangsungkan srada bakthi Para pamedek karyawan/Karyawati Pegawai Kantor Camat Buleleng beserta undangan. Mulai di pagi hari, para pegawai terlihat Ngaturang ngayah serangkaian persiapan piodalan diantaranya persiapan sesajen (Nyoroh Banten) dan menyiapkan kelengkapan sarana upacara.

Di iringi gambelan Gong dari Sekaa Desa adat Banyuasri, dengan semangatnya melaksanakan bhakti pengayah dalam prosesi upacara, dimana anak-anak dari  pegawai Kantor Camat Buleleng melaksanakan sesolahan tari paileh rejang dewa, serta melaksanakan pailen sesolahan rejang sari yang dibawakan pegawai Kantor Camat Buleleng.

Upacara piodalan di dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Griya Sukasada. Camat Buleleng, I Made Dwi Adnyana, S.STP., M.AP didampingi Sekretaris Camat Buleleng Ni Putu Sri Sundariani,S.STP., M.E, Para Kasi dan Kasubag, ikut serta melaksanakan Ilen-ilen Papendetan saat prosesi upacara berlangsung, dimana sebelumnya dilaksanakan upacara mecaru, serta mendak Ida bathara dengan katuran piodalan banten dadari pala gembal.

Usai pelaksanaan dudonan upacara piodalan, dilanjutkan dengan melaksanakan sembahyang bersama Puja Puja Trisandya dan Kramaning sembah dipimpin oleh PHDI Kecamatan Buleleng, Jro Ketut Subaga yang juga selaku pengenter acara, mengikuti iringan mantram dari Ida Pandita, dilanjutkan dengan nunas wangsuh pada Ida bathara.

Menjelang pelaksaan nunas wangsuh pada Ida bathara, Camat Buleleng, dalam samrahma wacananya mengucapkan rasa Puji Syukur terhadap Ida Sanghyang Widi Wasa beristana di Parhyang Padmasana Kantor Camat Buleleng, telah diberikan keselamatan dan kelancaran didalam pelaksanaan dudonan piodalan upacara yang sudah berjalan kusuk. Serta Camat Buleleng mengucapkan terimaksih mengapresiasi kepada seluruh pegawai secara bersama-sama ngayah didalam pelaksanaan upacara piodalan hingga berlangsung lancar, yang dimulai dari upacara negem dewasa/ nuwasen karya hingga puncak piodalan hari ini.

Lebih lanjut beliau menyampaikan kita semua bisa mulat sarire,  meningkatkan serada bhakti  hubungan Manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan lingkungan/alam dan hubungan manusia dengan sesamanya. Hal ini sebagai tanda sujud bhakti menghaturkan yadnya dan persembahyangan kepada tuhan yang maha esa yang beristana di Padmasana Parhyangan Kantor Camat Buleleng.