(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Sambut Hari Kartini, PKK Kecamatan Buleleng Gelar Lomba Gebogan

Admin buleleng | 19 April 2024 | 85 kali

Sebanyak 29 Tim peserta dari PKK Desa dan Kelurahan hari ini ikut serta ramaikan  lomba Gebogan bertempat di Gedung Serba Guna Citta Karya Graha Kantor Lurah Banjar Jawa, Jumat(19/4).

Lomba Gebogan dilaksanakan serangkaian menyambut hari Kartini 21 April 2024, dimana melalui PKK kecamatan Buleleng menyelenggarakan Lomba ini dengan tujuan, disamping untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas juga untuk menjaga kearipan lokal khusunya pemanfaatan buah lokal untuk sarana upacara khusunya membuat gebogan. Hal ini juga untuk mendukung Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2013 tentang perlindungan Buah Lokal.

Lomba gebogan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars PKK dilanjutkan doa bersama.

Camat Buleleng dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Camat Buleleng Ni Putu Sri Sundariani, S.STP.,M.E, di sela membuka lomba, menyampaikan apresiasi kepada PKK Kecamatan Buleleng yang telah menyelenggarakan lomba gebogan berbahan Buah Lokal. "Ini  untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam pembuatan Gebogan, juga sebagai implementasi semangat Raden Ajeng Kartini bagi ibu-ibu PKK dalam ikut pelestarian seni dan budaya khususnya dalam pembuatan Gebogan berbahan Buah Lokal". Ucap Sekcam Buleleng.

Usai dibukanya lomba, tampak antosiasnya peserta lomba merangkai Gebogan sesuai dengan kreteria lomba. Dimana lomba ini menggunakan buah lokal hasil alam di Kabupaten Buleleng.

Adapun hasil dari penilaian dewan juri dapat diumumkan Pemenang Lomba diantaranya:
Juara I No.undi 7 dengan Nilai 272 PKK Br Tegal
Juara II No.undi 11-Nilai 262 PKK Baktiseraga
Juara III No.undi 29 -Nilai 254 PKK Anturan
Harapan I No.undi 21- Nilai 243 PKK Jinengdalem
Harapan II No.undi 23-242 PKK Sarimekar
Harapan III  No.undi 22 Nilai 240 PKK Banyuning

Tampak hadir dalam lomba, Ketua PKK Kecamatan Buleleng, para Dewan Juri, Ketua TP PKK  Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng, dan para Peserta lomba perwakilan dari PKK desa/kelurahan.