(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Camat Buleleng Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Dalem Balingkang Kintamani Bangli

Admin buleleng | 21 Oktober 2021 | 230 kali

Upacara piodalan di Pura Dalam Balingkang jatuh pada purnamaning sasih kelima pada hari Rabu tgl 20 Okt 2021, dimana upacara piodalan tersebut dilaksanakan sekali dalam setahun. Sebagai rangkaian upacara piodalan dimulai pada hari Minggu tgl 17 Oktober 2021 dan penyineban/selesai pada hari minggu tgl. 24 Okt 2021. Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka, S.IP Kamis pagi,(21/10) melaksanakan bakti penganyar serangkian karya di Pura Khayangan Jagat Pura Dalem Balingkang, Desa Pinggan Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Bersama Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng, Camat Buleleng  bersama-sama melaksanakan serada bhakti  serangkaian piodalan pada hari Purnama Kalima (purnama bulan ke-5 dalam perhitungan kalender Bali) jatuh antara bulan Oktober. Pada saat piodalan di Pura Dalem Balingkang umat Hindu di seluruh pulau Bali maupun di luar pulau Bali berduyun-duyun melaksanakan persembahyangan atau tirtayatra untuk memohon kesejahteraan dan kelancaran setiap usaha yang digelutinya.

Bhakti Penganyar ini dilaksanakan setiap hari yang ditandai dengan melakukan sembahyang bersama. Biasanya dilaksanakan pada sore atau malam hari, setelah pragina igel (tari sakral) oleh desa pengempon selesai melaksanakan ayah-ayahan atau menari.