(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Camat Buleleng Hadiri Pengukuhan Bunda Literasi dan Duta Baca Kabupaten Buleleng

Admin buleleng | 25 April 2024 | 55 kali

Bertempat di Hotel Banyualit, Kamis, (25/4). Camat Buleleng I Made Dwi Adnyana, S.STP., M.AP menghadiri Pengukuhan Bunda Literasi dan Duta Baca Kabupaten Buleleng. Pada kesempatan tersebut ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Buleleng Ny.Wiwik Adnyana dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kecamatan Buleleng.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng yang hadir dalam pengukuhan tersebut dalam sambutannya  bahwasannya literasi di Kabupaten Buleleng mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun demikian peningkatan tersebut dinilai kurang signifikan. Berdasarkan hasil survey Indek Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI, tercatat pada tahun 2023 IPLM Buleleng mengalami peningkatan dengan nilai 65,00 (sedang), dimana tahun sebelumnya sebesar 47,43 atau rendah. Terkait itu, pihaknya meminta seluruh Bunda Literasi dan Duta baca baik Tingkat Kabupaten dan Kecamatan melakukan Monev pada setiap perpustakaan di sekolah dan juga perpustakaan keliling.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng dalam laporannya kegiatan pengukuhan, bincang-bincang duta baca dan juga pelatihan penulisan kali merupakan salah satu upaya Pemkab Buleleng untuk dapat memotivasi atau menginspirasi Masyarakat sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan minat baca masyarakat. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam melaksanakan program-program literasi, salah satunya perpustakaan keliling ke desa-desa, sekolah-sekolah hingga menggelar lomba-lomba. Hal ini untuk mendorong minat baca dan menulis, menyelaraskan program pemerintah pusat dan daerah, serta memotivasi penulis untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga penulis-penulis lokal baru mampu membantu meningkatkan rasio ketercukupan koleksi perpustkaan di Buleleng,  terang Kadis DAPD) Buleleng dalam laporannya.