(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Rapat Persiapan Lomba Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024

Admin buleleng | 15 Januari 2024 | 292 kali

Melalui Seksi Sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng, dalam hal ini dihadiri oleh Staf Fungsional Umum I Ketut Artaya, S.Sos mewakili Kasi Sosbud Seijin Camat Buleleng, Senin (16/1), menghadiri undangan rapat persiapan lomba bulan bahasa Bali VI tahun 2024.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Rapat di buka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kab.buleleng Drs. I Nyoman Wisandika. Dalam sambutannya menyampaikan salam pembuka dan memaparkan secara singkat mengenai tujuan rapat yaitu koordinasi terkait persiapan lomba yg melibatkan perwakilan kecamatan dan Dewan Juri serta menyampaikan pelaksanaan serta waktu lomba yaitu tgl 12 Pebruari 2024 dan technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 5 Pebruari 2024.

Dijelaskan pula untuk Kreteria lomba tidak banyak ada perubahan sama dengan tahun yang lalu dan berharap agar lomba tahun ini lebih ditingkatkan kwalitas dan kuantitasnya karena pemenang lomba secara otomatis mewakili kabupaten ke tingkat provinsi yang dilaksanakan tanggal 19 -20 Pebruari 2024. Diakhir sambutanya berharap koordinasi ini agar dipakai pedoman dan pijakan dalam pelaksanaan lomba.yang selanjutnya materi rapat dipimpin oleh  Kepala U PP.Gedung Kertya Ibu Dewa Susilawati yang menyampaikan tema lomba yaitu " Jana Kerti : Dharma Sadhu Nugraha " dan  memaparkan tentang jenis lomba yang akan dilaksanakan yaitu :

1. Lomba nyurat aksara Bali peserta SD

2. Lomba nyurat lontar peserta SMP

3. Lomba debat mabasa Bali peserta SMK/SMA

4. Lomba ngwacen lontar peserta usia 19-23 tahun

5.Lomba nesatwa kerana istri peserta Pakis Bali

6. Lomba pidarta peserta Prajuru Adat

7. Lomba mengetik dengan keybord aksara Bali TK SMA/SMK

Serta menjelaskan secara rinci mengenai kreteria lomba antara lain:

A. Persyaratan peserta

B. Materi dan ketentuan lomba

C. Kreteria penilaian

D. Kejuaraan dan hadiah

Hadir dalam rapat para Camat se-Kabupaten Buleleng diwakili oleh Kasi Sosbud, perwakilan penyuluh Bahasa Bali Se Kabupaten Buleleng serta Tim juri lomba bulan bahasa Bali.