(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

7 Calon Perbekel Deklarasikan Kesepakatan Damai Pilkel Serentak Tahun 2021

Admin buleleng | 14 Oktober 2021 | 172 kali

Kamis, (14/10) bertempat di Halaman Kantor Camat Buleleng pukul 10.00 Wita, Pemerintah Kecamatan Buleleng gelar deklarasi kesepakatan damai masing-masing calon Perbekel yang di ikuti 7 Calon Perebekel dari 2 Desa Kecamatan Buleleng yang ikut serta dalam Pilkel serentak tahun 2021.

2 Desa yang ikut serta Pemilihan Perbekel serentak di wilayah Kecamatan Buleleng diantaranya Desa PohBergong dan Desa Baktiseraga. Sesuai tahapan Pemilihan Perbekel, menindaklajuti surat DPMD Kab.Buleleng Nomor: 140/703/Bid.1/DPMD prihal Fasilitasi Pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkel Serentak Tahun 2021, Pemerintah Kecamatan Buleleng hari ini melaksanakan Deklarasi damai 7 Calon Perbekel.

Dipimpin langsung oleh Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka, S.IP, bersama Kaposek Kota Singaraja, Kompol  Dewa Ketut Darma Aryawan, S.T.,M.M  sekaligus Danramil 1609-01/Buleleng, Kapten Inf Wayan Nada membuka acara deklarasi damai yang dihadiri oleh 7 Calon Perbekel. Hadir pula Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Buleleng dihadiri  Kepala Bidang Pemerintah Desa, I GEDE SUARTAMA, SE, Perebekel Desa PohBergong dan Plh.Perbekel Baktiseraga, BPD masing-masing Desa dan Panitia Pilkel dari 2 Desa yang ikut serta Pilkel serentak tahun 2021.

Deklarasi diawali dengan melaksanakan persembahhyangan bersama. Dilanjutkan dengan laporan Plt. Kasi Pemerintahan, Amin Rois,S.Hut. Dalam laporannya disampaikan, tahapan demi tahapan Pilkel khusunya 2 Desa ikut serta Pilkel  serentak tahun 2021 sudah terlaksana, dan hari ini dilanjutkan dengan deklarasi damai para calon perbekel dari 7 calon perbekel yang terdapat di 2 Desa. Diantaranya 3 Calon Perbekel di Desa Baktiseraga dan 4 Calon Perbekel Desa PohBergong.

Usai laporannya, dilanjutkan dengan penyampaian Deklarasi damai Calon Perebekel dari 7 Calon, yang diucapkan langsung oleh para Calon Perbekel disaksikan langsung oleh Camat Buleleng, Kapolsek dan Danramil Buleleng, sekaligus  menandatanganan berita acara deklarasi damai masing-masing calon dari 2 desa.

Disela penandatanganan, Camat Buleleng  dalam sambutannya menghimbau agar masing-masing calon menjaga situasi kamtibmas di masing-masing desanya sendiri, dengan tetap berpedoman dengan aturan yang ada.

Para kandidat calon perbekel, diharapkan  tatap menjaga situasi Kantibmas dengan tatap menjujung tinggi nilai sportifitas dengan berpdoman pada asaz langsung umum bebas rahasia (Luber)  serta jujur dan adil (Jurdil) dalam tahapan pelaksanaan pemilihan perbekel serentak pada tanggal, 31 Oktober 2021 mendatang. Tak kalah pentinya saat kampanye Pilkel mendatang agar berpedoman dengan Protokol Kesehatan (Prokes), dan diharapakan memanfaatkan media sosial  dalam penyampaian kampanye Pilkel kepada pendukungnya.

Begitu pula disampaikan Kepala Bidang Pemerintah Desa, Para Calon Perbekel agar mensukseskan pilkel dengan aman, nyaman dan sejuk dengan memegang teguh nilai dari asaz jujur dan adil serta bisa menyampaikan Visi dan Misi di kalangan masyarakatnya sendiri, siap kalah dan menang  serta legowo dalam menerima hasil Pilkel nantinya.

Deklarasi kesepakatan damai calon perbekel terdapat 7 Poin disepakati, dan dibaca langsung oleh para Calon Perbekel yang isinya antara lain:

 

1.                Kami para calon Perbekel sepakat bersama-sama mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pemilihan Perbekel secara damai, bermartabat dan tanggungjawab;

2.                Kami para Calon Perebekel bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan Perundang-undangan serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pemilihan Perbekel serentak Tahun 2021;

3.                Kami para Calon Perebekel sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusip selama pelaksanaan Pemilihan Perbekel;

4.                Kami para Calon Perbekel bertekad untuk siap menang dan siap Kalah dalam gelaran Pemilihan Perbekel serentak Tahun 2021;

5.                Kami para Calon Perebekel tidak akan melakukan tindakan politik uang, kampaye hitam, maupunpelanggran hukum lainnya baik pidana maupun perdata dalam kampaye ataupun pada setiap tahapan pemilihan Perbekel serentak tahun 2021;

6.                Kami para Calon Perebekel dan Para Pendukung tidak akan berbuat anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pemilihan Perbekel serentak tahun 2021;

7.                Kami Para Calon Perebekel dan para Pendukung akan/siap mentaati segala aturan yang telah disepakati bersama dalam deklarasi damai dan bersedia dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku apabila tidak mematuhi Deklarasi tersebut diatas.

Dari ke 7 kesepakatan tersebut, selaku pedoman didalam pelaksanaan pilkel mendatang agar berjalan dengan aman dan damai, sekaligus disertai dengan pelepasan burung dara yang dilepas masing-masing Calon Perbekel.  Akhir acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.