(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Kasi Sosbud Hadiri Acara Malam Gembira Bajang-Bajang Malunan Banjar Paketan

Admin buleleng | 02 Juli 2022 | 69 kali

Kasi Sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng Ni Ketut Suryaniti , M.Si sabtu (2/7) mewakili Camat Buleleng menghadiri acara malam gembira Bajang-bajang malunan bertempat di Bale Masyarakat Lingkungan Banjar Paketan Kelurahan Paket agung.

Menariknya, para pengisi acara dalam acara tersebut adalah "bajang-bajang imalunan" Lingkungan setempat. Bajang-bajang imalunan adalah istilah warga untuk para orang tua di Lingkungan setempat. Sejumlah kreativitas ditampilkan dalam acara tersebut. Misalnya adalah perwakilan dari ibu-ibu RT 1 yang menampilkan tari Panyembrama, penampioan Janger oleh ibu-ibu perwakilan RT 2 dan sejumlah potensi kesenian lain yang ditmapilkan.

Dari sekitar tahun 1970 an hingga 80 an silam, malam gembira menjadi acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun guna menyambut tahun ajaran baru. "Kemudian ditahun 2000 an justru kegiatan serupa vakum. Dan saat ini kami ingin nostalgia, melaksanakan malam gembira untuk menyambut Tahun Ajaran baru 2022/2023, " jelas Ketua Panitia sekaligus Kaling Banjar Paketan Nyoman Kayendra.

Kasi Sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng dalam hal ini mewakili Camat Buleleng, sangat mengapresiasi acara malam gembira ini. Menyampaikan, dari 17 Kelurahan yang ada di Kecamatan Buleleng, Lingkungan Banjar Paketan di Kelurahan Paket Agung yang paling aktif melaksanakan kegiatan.