Selasa (28/11), Staf Fungsional Umum Seksi
Sosial Budaya Kecamatan Buleleng I Ketut Artaya, S.Sos, mengikuti kegiatan
Pembekalan Peserta Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Tahun 2024, di Ruang
Rapat Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng.
Kegiatan
ini dihadiri oleh Camat diwakili Para Kasi Sosbud se-Kab. Buleleng, Korwil UP
se-Kab. Buleleng, Ketua MKKS se-Kab. Buleleng, Perpustakaan SMP Peserta Lomba
se-Kab. Buleleng, Perpustakaan SD Peserta Lomba se-Kab. Buleleng serta Perpustakaan
Desa Peserta Lomba Se-Kabupaten Buleleng.
Acara
diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Doa, dilanjutkan
dengan sambutan Kadis Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng diwakili
oleh Kabid Pengembangan Budaya Baca dan Perpustakaan. Materi Pembekalan Peserta
Lomba dan Instrumen Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah dan Desa Tahun 2024,
dengan Nara sumber Kadek Dwika S.Sos, memaparkan tentang: Pedoman keg.lomba
perpustakaan, UU no.43 th.2007 tentang perpustakaan, SE.Sekda No.041 Tahun 2019
tentang penguatan perpustakaan desa, Perbup No.10 Tahun 2022 tentang
penyelenggaraan dan pengolaan perpustakaan di Kabupaten Buleleng.
Disampaikan
pula Jadwal Kegiatan lomba, dimana jadwal lomba direncanakan bulan Januari s/d
maret 2024 kegiatan pembinaan, kemudian Mei s/d Juni kegiatan penilaian dan
pada bulan Juli 2024 pengumuman pemenang serta Agustus 2024 penyerahan hadiah.
Dijelaskan
pula Peserta lomba. Peserta lomba diikuti oleh SD, SMP dan Desa di Kabupaten
Buleleng dan untuk TK, SD Kecamatan nBuleleng diwakili oleh SD 1 Banyuasri, sedang
untuk tingkat SMP dan Desa masih tahap
pendaftaran untuk perwakilan Kecamatan Buleleng. Hal -hal yang disiapkan untuk adminstrasi
lomba yaitu : Buku pengunjung, Buku Anggaran,Buku peminjam,Buku
inventaris,Laporan perpustakaan,dan profil perpustakaan, serta Standar
penentuan lomba antara lain: koleksi perpustakaan,Sarpras,layanan
perpustakaan,tenaga perpustakaan, komponen penyelenggaraan dan
pengelolaan,anggaran serta inovasi dan kreatifitas. Acara berakhir Pukul 12.30
wita, dengan di sertai diskusi tanya jawab.