(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pelantikan Ketua TP PKK Kelurahan Sekaligus Pengukuhan Bunda PAUD 9 Kelurahan Wilayah Kecamatan Kecamatan Buleleng

Admin buleleng | 11 Mei 2021 | 416 kali

 

Pelantikan Tim Penggerak PKK serta Pengukuhan Bunda dari sembilan Kelurahan Wilayah Kecamatan Buleleng dilaksanakan hari ini, Selasa (11/5) bertempat di Wantilan RRI Singaraja.

 

Sembilan Kelurahan dimaksud diantaranya, Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kelurahan Banyuasri, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kelurahan Kaliuntu, Ketua TP PKK Bunda PAUD Kelurahan Kampung Anyar, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kelurahan Kampung Bugis, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kelurahan Kampung Baru, Ketua TP PKK Bunda dan PAUD Kelurahan Penarukan, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kelurahan Banyuning, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kelurahan Liligundi dan Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kelurahan Paket Agung.

 

Pelaksanaan pelantikan tersebut diawali dengan laporan Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka, S.IP. Dimana dalam laporannya beliau menyampaikan beberapa hal menyangkut dengan peran serta tugas fungsi TP PKK sekaligus Bunda PAUD yang akan dilantik.

 

Dalam sambutannya, disampaikan pelantikan TP PKK sekaligus Bunda PAUD  dari 9 Kelurahan di Kecamatan Buleleng, hal ini dirangkaikan dari mutasi jabatan para Lurah bulan lalu. Dimana hari ini pelantikan TP PKK dan Bunda PAUD terlaksana berkat kerjasama dan Swadaya dari para Lurah yang ikut dalam pelantikan pada hari ini. Diharapkan peran aktif para TP PKK dan Bunda PAUD yang akan dikukuhkan dalam pengabdian serta melayani, memberikan sentuhan dan senyuman, pro aktif dalam di kalangan masyarakat. Sangat besar peran Ibu-Ibu TP PKK dan Bunda PAUD dalam memberikan edukasi pemahaman pentingnya pendidikan Anak di usia dini, Ucap Camat Buleleng.

 

Acara dilanjutkan dengan pelantikan TP PKK dari sembilan Kelurahan, yang dilantik langsung oleh Ketua TP PKK Kecamatan Buleleng, Ny.Conelia Riang Pustaka disertai pembacaan dan penandatangan surat Keputusan. Usai pelantikan TP PKK Kelurahan, dilanjutkan pengukuhan Bunda PAUD. Yang mana dikukuhkan langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana.

 

Ibu Aries Sujati menjelaskan dalam sambutannya, tidak dipungkiri bahwa anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan unik. Anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan koordinasi motorik halus dan kasar, daya pikir, daya cipta, bahasa dan komunikasi. Semua itu tercakup dalam kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan agama atau religius (RQ). Sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini perlu diarahkan pada peletakan dasar-dasar yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia seutuhnya. Oleh karena itu, Aries Sujati meminta kepada Bunda PAUD Kelurahan untuk selalu peduli dan mengetahui jumlah anak-anak yang sekolah PAUD di wilayahnya. Selain itu juga bunda PAUD yang baru dikukuhkan harus mengetahui lembaga PAUD yang ada di dekat wilayahnya. “Bunda PAUD yang baru harus mengetahui lembaga PAUD yang ada seperti Tempat Penitipan Anak (TPA), Posyandu boleh dikatakan PAUD bila ada proses pembelajarannya, kelompok bermain  dan juga Taman Kanak-Kanak (TK),” jelasnya.

 

Hadir para undangan, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua IGTKI Kecamatan Buleleng, Musfika Kecamatan Buleleng, Kepala RRI Singaraja, Perwakilan dari Bank BPD Bali, serta para Lurah yang ikut serta dalam pelantikan hari ini. Pelantikan berlangsung lancar, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.