(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Tingkatkan Layanan Pengesahan Lembaga, Disbud Buleleng Laksanakan Bimtek Sistem Informasi SISUPEL Terhadap Petugas Pelayanan Desa/Kelurahan Kecamatan Buleleng

Admin buleleng | 12 Oktober 2021 | 23 kali

Selasa, (12/10). Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) inovasi SISUPEL (Sistem Informasi Surat Pengesahan Lembaga) terhadap Petugas operator pelayanan 29 Desa dan Kelurahan bertempat di Aula ruang rapat Kantor Camat Buleleng.

Diterima langsung oleh Camat Buleleng bersama Kasi Sosial dan budayaan Kantor Camat Buleleng, tampak hadir secara langsung Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos, M.Si, memaparkan materi terkait tata cara penggunaan inovasi Aplikasi SISUPEL dalam Bimtek.

Peluncuran inovasi SISUPEL (Sistem Informasi Surat Pengesahan Lembaga), dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus surat pengesahan lembaga yang bersifat nirlaba, sukarela, dan sosial kemasyarakatan di bidang adat, keagamaan, dan seni budaya. Hal ini untuk menunjang pelayanan diera digitalisasi birokrasi, memudahkan masyarakat didalam mendapatkan pelayanan.

Sebelumnya masyarakat harus datang ke kantor Dinas Kebudayaan, dimana hal ini sangat terkendala oleh jarak dan waktu, sehingga sangat tidak efesien. Keberadaan Sisupel yang merupakan aplikasi berbasis web menjadi jawaban, dimana masyarakat cukup datang ke kantor desa/kelurahan saja, sehingga terwujud pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk penguatan kolaborasi, fitur pada aplikasi sisupel juga disiapkan untuk mengurus surat pengesahan lembaga yang diampu oleh OPD lain seperti Disdikpora, Dinas pertanian, Dinas ketapang Ikan, Dinas Dagprinkop UKM, dan beberapa OPD lainnya, Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kadisbud disela Bimtek berlangsung. Bimtek berjalan lancar, dimana dibagi menjadi dua sesi dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.