(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pembinaan Subak dan Subak Abian di Subak Sawah Lebah Mantung Desa Sari Mekar

Admin buleleng | 10 Mei 2022 | 43 kali

Tim Pembina Subak dan Subak Abian Kecamatan Buleleng hari ini,(10/5) melaksanakan pendampingan pembinaan Subak sawah oleh Tim Pembina Kabupaten Buleleng  di Subak Sawah Lebah Mantung Desa Sari Mekar. Hadir Staf Sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng, Ketut Artaya, S.Sos dalam hal ini mewakil Kasi Sosbud seijin Camat Buleleng.

Bertempat  di bale banjar lebah mantung. Tim pembina secara langsung melaksanakan Pembinaan, dimana pembinaan ini terlaksana serta untuk menindaklanjuti surat dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng perihal penunjukan peserta pembinaan subak dan subak abian se-Kabupaten Buleleng.

Dimana untuk wilayah Kecamatan buleleng terdapat 2 subak yang di bina oleh Tim Pembina Kabupaten bersama Tim pendamping pembina Kecamatan Buleleng, diantaranya subak Swah lebah mantung Desa Sari Mekar dan Subak Abian Asem Kembar yang terletak di Desa Tukadmungga yang akan dilaksanakan pembinaan pada 5 Juli 2022 mendatang.

Adapun Tim pembina yang terlibat dalam pembinaan Subak dan Subak Abian hari ini, diantaranya dari unsur Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng dihadiri oleh Dra LUH HERAWATI, S,ST dari Pamong Budaya, Perwakilan Dinas PUTR, Perwakilan Dinas Pertanian Kab.buleleng, ketua majelis madya subak dan subak abian Kabupaten Buleleng, serta menghadirkan Kelian Subak beserta Krama Subak sawah lebah mantung.

Diawal pembinaan, Tim pembina memperkenalkan diri beserta para anggota Tim Pembina. Dimana nantinya akan mendampingi di dalam pembinaan lebih lanjut di Masing-masing baga parhyangan. Diminta untuk semangat serta mendukung apa yang menjadi program Pemkab Buleleng didalam mejaga dan melestarikan Adat dan budaya melalui perlombaan yang akan berlangsung. Lebih lanjut Tim pebina secara langsung melaksanakan pembinaan di masing-masing baga Tri hita Karana antara lain di bage prahyangan, baga pawongan dan palemahan.