(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Audensi Penyuluh Bahasa Bali Serangkaian Persiapan Lomba Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024

Admin buleleng | 16 Januari 2024 | 220 kali

Serangkaian persiapan bulan Bahasa Bali ke VI di Tahun 2024, Camat Buleleng dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng Ni Ketut Suryaniti, M.Si, Selasa(16/1) menerima audensi dari Penyuluh Bahasa Bali Se- Kecamatan Buleleng.

Bertempat di Aula Ruang Rapat Kantor Camat Buleleng, pelaksanaan audensi ini berdasarkan tindaklanjut surat penyuluh Bahasa Bali no.13 /PBB-Kec.Bll/I/2024 tertanggal 10 Januari 2024 perihal persiapan lomba bulan bahasa Bali VI di Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2024.

Hadir dalam Audensi 26 orang dari Penyuluh Bahasa Bali Se Kecamatan Buleleng, dimana acara diawali dengan salam pembuka yang disampaiakan oleh Satf Fungsional Umum Seksi Sosbud I Ketut Artaya S.Sos , yang menyampaikan susunan acara. Dalam sambutanya,  Kasi Sosbud Ni Ketut Suryaniti SE,M.Si  menyampaikan bahwa Bapak Camat tidak bisa hadir menerima peserta audensi karena ada keg.lain/pelantikan pkk di kec. Sawan, dan memaparkan tentang hasil rapat koordinasi di Disbud  terkait persiapan lomba yang melibatkan perwakilan kecamatan dan Dewan Juri serta menyampaikan waktu lomba yang sangat mepet yaitu tanggal 12 Pebruari 2024, dan technical meeting tanggal 5 Pebruari 2024.

Lebih lanjut, Kasi sosbud menyampaiakan Kreteria lomba tidak banyak ada perubahan sama dengan tahun lalu  dan hal ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun sehingga tidak perlu dijelaskan lagi mengenai kreteria lomba dan terkait dengan anggaran, dari pihak kecamatan hanya mampu mengkondisikan  anggaran makmin dan fasilitas sarana prasarana pendukung lainya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan koordinator PBB yang memaparkan program kerja Penyluh Bahasa Bali serta perkenalan anggota PBB baru yang bertugas di Kecamatan Buleleng. Pembahasan materi diskusi dan tanya jawab terkait plaksanaan lomba bulan bahasa dipandu oleh pembawa acara  dan dari diskusi  disepakati sebagai peserta lomba:

1.Lomba nyurat aksara Bali tingkat SD diwakili oleh  Gede Bisma Narotama Putra dari SD N.6 Banyuning

2.Lomba nyurat lontar TK.SMP an : Putu Putri Diana Pertiwi dari SMP 6 Sgr.

3. Lomba Mesatua istri Pakis Bali an:  Km Krisna Agus Artini

4.Lomba Pidarta Bendesa an.Jro Putu Anteng ,Kelian Adat Galiran.

Serta untuk peserta lomba Debat Bahasa Bali TK SMK/SMA ,lomba Ngwacen lontar dan lomba mengetik dengan keybord aksara Bali TK SMA masih koordinasi dengan pihak sekolah. Dimana hal hal teknis akan ditanyakan langsung dalam tehcnikal meeting,  sekaligus dalam audensi dijelaskan dalam menetapkan Jadwal kegiatan  pembinaan lomba  yang segera disusun oleh Penyuluh Bahasa Bali.