(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Camat Buleleng Hadiri Upacara Pitra Yadnya Ngaben Masal Desa Adat Buleleng

Admin buleleng | 29 Desember 2023 | 233 kali

Camat Buleleng I Made Dwi Adnyana, S.STP., M.AP., Jumat (29 /12), menghadiri undangan Upacara Pitra Yadnya Ngaben Masal Desa Adat Buleleng bertempat di Setra Desa Adat Buleleng.

Pelaksanaan upacara pitra yadnya ngaben masal telah terlaksana yang ke 3 kalinya, dimana dalam laporan Prawantaka karya ngaben masal, kali ini diikuti 118 Sawe terdiri dari: 3 sawe Atme Pape, nyekah 40 sawe, Nglungah 7 sawe, dan Ngrapuh sebanyak 120 sawe dengan rincian biaya diantaranya: ngaben sebesar Rp.3.500.000 nyekah Rp.1.500.000 dan nglungah Rp.500.000. Selain itu, pembiayaan lainya bersumber dari dana Punia pemerhati lewat lis, Punia dari dinas dinas, bank, perusahan swasta secara sukarela.

Kegiatan ngaben masal di desa adat buleleng sudah diatur dalam awig- awig, dimana dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan diharapkan kedepan pengabenan masal semakin baik dan semakin ringan.

PJ.Bupati Buleleng yang hadir diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kab.Buleleng dalam sambutanya, menyampaikan ucapan terimakasih atas penyelenggaraan ngaben, dan menyampaikan tentang kerjasama Dinas Sosial dan desa adat buleleng bila ada masyaeakat hindu yang terlantar dan meninggal di wilayah kabupaten buleleng, bisa diupacarai/diaben di setra adat buleleng. Diakhir sambutannya beliau mendoakan acara ngaben berjalan lancar labde karya.

Acara dilanjutkan dengan melihat langsung prosesi upacara dan sawe yang ikut serta dalam ngaben masal.

Turut hadir dalam undangan Ketua DPRD Provinsi Bali, PJ.Bupati buleleng di wakili Kadis Sosial Kab.Buleleng, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Dirut PDAM Buleleng, Ketua PHDI Kabupaten Buleleng, Krama Pemilet Ngaben serta undangan lainya.