(0362) 24346 camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng
Pemerintah Kecamatan Buleleng Laksanakan Pecaruan Bertepatan Pada Tilem Sasih Kesanga
Admin buleleng | 13 Maret 2021 | Dibaca 114 kali

Bertepatan pada rahina Tilem Kesange Saniscara Pon Wuku Gumbreg, Pemerintah Kecamatan Buleleng menggelar Upacara Tawur Kesanga melaksanakan Pecaruan di halaman Kantor Camat Buleleng, Sabtu (13/3).

 

Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka,S.IP hadir secara langsung beserta Para Kasi dan Kasubag dan seluruh Staf Kecamatan Buleleng untuk melaksanakan pecaruan di depan Parhyangan Padmasana Kantor Camat Buleleng.

 

Upacara pecaruan dilaksanakan sehari sebelum hari raya Catur berata Penyepian dilaksanakan pada tanggal 14 maret 2021, dengan tujuan untuk mengharmonisasi hubungan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya, Manusia dengan alam, serta Keharmonisan bhuwana agung (alam semesta) dan bhuwana alit agar menjadi baik, indah, lestari sebagai bagian dari upacara Butha Yadnya.

 

Dengan demikian, upacara (Mecaru; Pecaruan; Tawur) adalah aplikasi dari filosofi Tri Hita Karana. Yakni agar terjadi keharmonisan dalam hubungan antara manusia dengan Sang Hyang Widhi (Parahyangan), hubungan antara manusia dengan sesama manusia (Pawongan)dan hubungan antara manusia dengan alam (Palemahan).

 

Upacara pecaruan di puput oleh Jro Mangku Ida bagus artana. Upacara berlangsung kusuk dengan disertai dengan persembahyangan bersama disertai dengan Puja Tri Sandya dan Keramaning sembah di Pimpin oleh Ngakan Ketut Alit. Pelaksanaan Upacara tetap berpedoman dengan Protokol Kesehatan.

Share Berita Ini :