(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Kecamatan Buleleng Ikut Serta Lomba Penjor Hias

Admin buleleng | 26 Maret 2024 | 80 kali

Dalam rangka semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Singaraja Ke-420 Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Buleleng menggelar lomba penjor hias, bertempat di Lapangan Bhuana Patra, Selasa (26/3).

Lomba penjor hias antar SKPD dan BUMD diikuti oleh 62  peserta, salah satunya Kecamatan Buleleng ikut serta dalam lomba oenjor dengan nomor urut 35.

Dikoordinir oleh Kepala Seksi Pemerintahan Gede Susena,S.E, dengan jumlah tim 5 orang, dengan semangatnya mengikuti lomba penjor hias.

Adapun tujuan lomba penjor hias, yakni sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya sesuai kearifan lokal serta mengembangkan kreatifitas berkesenian khususnya untuk Penjor Hias di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng sekaligus masyarakat pada khususnya.

Adapun mekanisme penilaiannya berupa jumlah tim terdiri dari 5 orang dengan bambu penjor bertinggi 7 meter diatas tanah, hiasan penjor menggunakan bahan janur, ental, slepan, dan bambu dan tidak diperbolehkan memakai kain dan hanya memakai bahan alami, tidak diperbolehkan menggunakan sterofom, plastik maupun pita serta tanpa sanggah.

Setelah dilakukan penilaian, utk Juara I diraih oleh
1. Juara I Sekretariat Daerah Kab. Buleleng,
2. Juara II diraih Perusahaan Daerah Air Minum Tirtha Hita dan
3. Juara III Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.