(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

6 Perbekel Terpilih Kecamatan Buleleng Ikut Serta Pelantikan Perbekel Tahap ke II, Resmi Dilantik Bupati PAS.

Admin buleleng | 20 Desember 2019 | 813 kali

Dari 9 Desa di Kecamatan Buleleng yang ikut serta dalam Pemilihan Perbekel serentak se-Kabupaten Buleleng pada bulan Oktober lalu, sebanyak 6 Perbekel terpilih dari Kecamatan Buleleng ikut serta didalam pelantikan Perbekel tahap ke II kali ini, dilaksanakan Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja. Jumat,(20/12).

Pemkab Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Kabupaten Buleleng kali ini telah melaksanakan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Perbekel Terpilih Tahap II.

Pelantikan perbekel terpilih tahun 2019 dibagi menjadi tiga tahap. Dimana tahap I sudah dilaksanakan hari selasa lalu, dan Tahap II dilaksanakan hari ini serta Tahap III dilaksanakan nanti di tahun 2020 pada bulan Februari.

Pelantikan di tahap II pada hari ini di ikuti lima Kecamatan, diantaranya: Kecamatan Suksada, Kecamatan Buleleng,Kec,Tejakula, Kecamatan Sawan dan Kecamatan Kubutambahan.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST, melantik secara langsung serta pengambilan sumpah kepada Perbekel terpilih sebanyak 35   Perbekel terpilih masa bhakti periode 2019-2025 dari 4 Kecamatan.

Usai melantik Perbekel, Bupati Pas dalam sambutannya mengharapkan para Perbekel hendaknya menggunakan pendekatan model humanis dalam berkomunikasi dengan masyarakat. "Rangkul semua pihak, baik yang kalah saat pemilihan ajak bicara dan diskusi dengan Badan Perwakilan Desanya tentang hal-hal dalam membangun desa.

Selain itu Bupati Pas menambahkan, tugas Perbekel sekarang berat karena mengelola dana desa, manfaatkan dan berdayakan masyarakat dengan memaksimal dana desa tersebut. "Jangan berpikir ke hal pribadi, karena pengawasan sekarang sangat melekat, " imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) I Made Subur menjelaskan tugas pertama Perbekel adalah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) dan membuat Peraturan Desa (Perdes).

Untuk Kecamatan Buleleng yang ikut serta dalam pelantikan Perbekel Tahap II, sebanyak 6 perbekel terpilih dari 6 Desa ikut serta dalam Pelantikan kali ini.

Dari 6 Desa Perbekel terpilih  tersebut diantaranya: Perbekel terpilih Desa Kalibukbuk, Perbekel terpilih Desa Pemaron, Perbekel terpilih Desa Petandakan, Perbekel terpilih Desa Nagasepaha, Perbekel terpilih Desa Alasangker & Perbekel Terpilih Desa Penglatan.

Selanjutnya 3 Perbekel terpilih yang belum dilantik dari 3 Desa, diantarnya Ds.Anturan, Ds.Jinengdalem dan Desa Sari Mekar, akan dilantik pada pelantikan Perbekel Tahap III pada Tahun 2020 di bulan Februari.