(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pembinaan UKS Oleh TIM Pembina Kabupaten di SD 1 Desa Sari Mekar

Admin buleleng | 20 Maret 2024 | 50 kali

Rabu(20/3). Melalui Seksi Sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng dalam hal ini dihadiri oleh Staf Fungsional Umum Seksi sosbud Ketut Artaya, S.Sos beserta rekan Ketut Murningsih, mewakili Kasi Sosbud Seijin Camat Buleleng melaksanakan pendampingan dalamrangka pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dari Tim Kabupaten bertempat di di SD N 1 Sarimekar, Desa Sari Mekar.

Kegiatan diawali dengan peninjauan lapangan lingkungan sekolah dilanjutkan acara pembinaan yangdiawali dengan sambutan Kepala SD N 1 Sarimekar Nym Satria dengan salam pembuka dan ucapan selamat datang kepada Tim Pembina.

Dilanjutkan dengan sambutan  Kabag Kesra diwakili oleh Analis Kebijakan Ni Nyoman Neli, SE., M.A.P, yang memaparkan maksud dan tujuan pembinaan dan memperkenalkan tim pembina yang hadir. Begitu pula sambutan dari Kepala Seksi Bid SD dari Dinas Pendidikan  yang memaparkan program Disdikpora dalam menunjang sekolah sehat.

Lebih lanjut Putu Anggreni pemerhati UKS / Tim Pembina sebagai nara sumber yg memaparkan tentangTujuannya untuk membangun sekolah sehat memaparkan 3 hal yg menunjang sekolah sehat antara lain:

1.Pendidikan kesehatan di kurikulum sekolah

2. Pelayanan kesehatan yg.difasilitasi Puskesmas

3. Menyediakan lingkungan sekolah sehat yg menjadi tanggungjawab sekolah dengan konsep Trihitakarana serta evaluasi  fasilitas sekolah yg harus dilengkapi untuk menunjang sekolah sehat.

Acara dilanjutkan saran/masukan Tim terkait hasil evaluasi lapangan dari BPOM Kabupaten Buleleng  yang menyoroti tentang lokasi kantin dan aneka jajanan yg dijual dikantin, serta Pembina UKS yang menyoroti perubahan sekolah yang sudah semakin baik, pembentukan karakter anak didik untuk menumbuhkan prilaku hidup sehat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Tim Pembina Kabupaten yang dihadiri oleh Kementrian Agama ,Disdikpora, Dinas Kesehatan, Bag.Kesra Setda Buleleng, BPOM Kabupaten Buleleng, PMI Kabupaten Buleleng, Tim Kecamatan, Puskesmas Buleleng I dan Instansi terkait lainya.