(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pembinaan dan Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2022 Di Desa Anturan

Admin buleleng | 18 Mei 2022 | 64 kali

Melalui Dinas PMD Kabupaten Buleleng Bidang Pemdes didampingi Tim Pembina Kecamatan Buleleng, bersama-sama melaksanakan Pembinaan sekaligus peninjauan langsung di Lapangan tentang Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2022 di Desa Anturan.

Bertempat di Wantilan Pura Dewa Gede Patih Desa Adat Anturan, Rabu (18/5). Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka, S.IP hadir bersama Tim Kecamatan, mendampingi langsung Tim pembina Kabupaten dalam pembinaan  berlangsung hari ini. Dimana pembinaan kali ini, merupakan tahap pembinaan dan evaluasi dari tim Kabupaten, yang mana sebelumnya telah dilaksanakan sebanyak dua kali pembinaan dari tim kecamatan.

Acara dibuka oleh Perbekel Desa Anturan, I Ketut Soka, S.Pd, dihadiri Kadis PMD Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabid Pemdes, I Gede Suartama, SE bersama Tim, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, beserta hadir Kelian Desa Adat Anturan, Ketua BPD Anturan beserta anggota, Ketua LPM, dan semua unsur yang tergabung menjadi satu kesatuan dalam tim pendamping Pembinaan dan Evaluasi perkembangan Desa di Desa anturan.

I Ketut Soka perbekel Desa Anturan memaparkan sedikit tentang propil selayang pandang  Desa Anturan, diantaranya memaparkan  mengenai potensi dan kondisi Desa Anturan baik dari segi geografis, administratif, ekologi, ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang ada di Desa Anturan.Dilanjutkan dengan menampilkan video selayang pandang Desa Anturan yang menggambarkan apa yang telah dijelaskan oleh Perbekel Anturan.

Beberapa indikator penilaian dalam evaluasi ini diantaranya pendidikan, kesehatan, pengaturan investasi, kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, penanggulangan kemiskinan, inovasi, ekonomi, keamanan dan ketertiban, lembaga kemasyarakatan, partisipasi masyarakat, pelestarian adat dan budaya, pemerintahan desa, tanggap dan siaga bencana, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, teknologi informasi, kinerja dan peningkatan kapasitas masyarakat, identitas serta batas desa.

Tim Evaluasi Perkembangan Desa Kabupaten Buleleng terdiri dari Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BPBD, Badan POL. PP, Dinas Kominfosanti dan TP. PKK Kabupaten Buleleng secara langsung melihat dari indikator yang sudah disiapkan oleh Tim perwakilan lomba Desa Anturan. Dimana lokasi Pembinaan dan Evaluasi kali ini dibagi menjadi dua lokasi, yaitu untuk pembukaan dan evaluasi dilaksanakan di Wantilan Pura Dewa Gede Patih Desa Anturan sedangkan untuk Pembinaan dilaksanakan di Ruangan Kantor Perbekel Anturan kecuali pembinaan PKK dilaksanakan di Wantilan Pura Dewa Gede Patih Desa Anturan.