(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pemdes Penglatan Salurkan BLT DD Tahap III Bulan Maret Terhadap 130 Warga KPM

Admin buleleng | 26 Maret 2021 | 2650 kali

Jumat(26/3). Pemerintah Desa Penglatan Kecamatan Buleleng hari ini menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa  tahap ke III pada bulan maret 2021.

 

Dimana penyaluran BLT DD tahap II telah disalurkan, dan hari ini Pemerintah Desa Penglatan kembali salurkan BLT DD terhadap 130 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertempat di Aula raung rapat Kantor Desa Penglatan.

 

Berdasarkan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, dimana Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diamanatkan salah satu untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).  

 

Penetapan KPM BLT DD merupakan hasil Musdesus yang dilaksanakan oleh BPD sebelumnya, yang mana telah ditetapkan sebanyak 130 KPM warga Desa Penglatan yang terbagi menjadi 4 Banjar Dinas.

 

Dari 4 banjar dinas tersebut diantaranya Banjar Dinas  Sanih sebanyak 31 KPM , Banjar Dinas  Dauh Tukad sebanyak 31 KPM ,Banjar Dinas  Kajanan sebanyak 27 KPM dan Banjar Dinas Kelodan sebanyak 41 Keluarga Peneriman Manfaat.

 

Perbekel Desa Penglatan, Nyoman Budarsa menjelaskan, penyaluran BLT DD terhadap para warga KPM sudah melalui mekanismen dan tahapan pelaksanaan Musdesus yang diselenggarakan oleh BPD bersama Perbekel. Dimana penyaluran hari ini, berlangsung lancar terhadap 130 warga KPM yang terbagi menjadi 4 Banjar Dinas. Ungkap Perbekel Penglatan.

 

Lebih lanjut beliau menjelaskan, menisme penyalurannya di mulai Pukul,08.30 wita serta sesuai dengan Protokol Kesehatan 4 M, mencuci tangan dan menjaga jarak sekaligus pengaturan jam kedatangan dari masing-masing warga yang terdapat di 4 Banjar Dinas. 

 

Perbekel Penglatan, Nyoman Budarsa berharap, semoga bantuan yang sisalurkan hari ini, mampu meringankan beban KPM untuk memenuhi kebutuhan pokok, yang  akan disalurakan selama 12 bulan setiap bulannya menerima BLT DD sebesar Rp.300.000,- per bulannya. Selain itu, beliau menyampaikan terkait dengan kesadaran masyarakat menjaga lingkungannya dengan baik didalam memberantas Sarang Nyamuk di musim penghujan, mengingat kasus DB masih terjadi hal ini diharapkan masyarakat bisa menjaga lingkungan yang bersih.

 

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan  dari Kecamatan Buleleng, dalam hal ini diwakili oleh I Made Sudiada, Staf Pemerintahan mewakili Kasi Pemerintahan Kecamatan Buleleng, meninjau langsung proses penyaluran BLT DD di dampingi Perbekel Desa Penglatan, BPD dan Pendamping Desa dengan tetap sesuai Prokes 4M.