(0362) 24346 camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng
Camat Buleleng Hadiri Bimtek IDM Berbasis SDGs Tahun 2021 di Desa PohBergong
Admin buleleng | 19 Mei 2021 | Dibaca 221 kali

Rabu pagi (19/5), Camat Buleleng I Nyoman Riang Pustaka, S.IP, menghadiri pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Kerja relawan Pemuktahiran Data Indek Desa Membangun ( IDM ) Berbasis SDGs Tahun 2021 di Desa PohBergong.

 

Bimtek dilaksanakan di Aula ruang rapat Kantor Desa PohBergong, dengan menghadirkan para relawan Desa. Dimana Camat Buleleng di sambut langsung oleh Perbekel Desa PohBergong,I Nyoman Sukrawan sekaligus membuka acara dimaksud.

 

Dalam sambutannya,  Perbekel Desa PohBergong mengucapkan terimakasih kepada Bapak Camat Buleleng telah hadir dalam acara bimbingan teknis yang berlangsung hari ini, sekaligus berpesan agar para relawan serius mengikuti dalam pelaksanaan Bimtek, berharap semua POKJA tetap bersemangat dalam melaksakan tugasnya nanti dan menghasilkan data yang benar benar akurat untuk pembangunan desa kedepan.

 

Begitu pula disampaikan oleh Camat Buleleng dalam sambutannya. Beliau berharap terselenggaranya Bimtek pada hari ini, bisa memberikan pemahaman terhadap semua POKJA yang menjadi Tim relawan dalam pemutahiran data IDM  Berbasis SDGs Tahun 2021. Diharapkan Saat permintaan data kepada para warga khusunya di Desa PohBergong pendataan ini  dilaksanakan benar benar objektif tanpa adanya tekanan dari pihak manpun di masyarakat, sehingga data yang dihasil dalam pedataan IDM  berbasis SDGs betul betul valid dan akurat dalam membangun desa kedepan.

 

Bimbingan teknis tersebut dipandu oleh Pendamping desa, yang memaparkan tata cara pendataan di masyarakat dan penginputan pada aplikasi pendataan SDGs. Tujuan dan Sasaran SDGs Desa Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu: Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, dan Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif. Bimtek berlangsung lancar dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes).

 

 

 

 

Share Berita Ini :