(0362) 24346 camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng
Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021
Admin buleleng | 01 Juni 2021 | Dibaca 56 kali

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni Tahun 2021, Pemerintah Kecamatan  Buleleng melaksanakan Upacara Bendera pada hari Selasa pagi (1/6) Pukul 07.45 wita bertempat di halaman Kantor Camat Buleleng.

 

Upacara bendera tersebut di hadiri langsung oleh Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka,S.IP selaku Pembina Upacara, dan selaku pemimpin upacara dipimpin Kasi Pembangunan, Anak Agung Ngurah Wiratma,SH. Dimana dalam apel mengundang Forum Pimpinan Kecamatan Buleleng, hadir Bapak Kapolsek Kota Singaraja, Bapak Danranmil 1609-01/Buleleng, Puskesmas Wilayah Kecamatan Buleleng, UPK Satya Dharma Artha Kecamatan Buleleng serta diikuti oleh seluruh Pegawai Karyawan/Karyawati Kantor Camat Buleleng.

 

Disela Apel berlangsung, Camat Buleleng dalam sambutannya mengajak untuk menjungjung tinggi Pancasila sebagai dasar ideologi dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Yang mana pandangan atau nilai-nilai luhur budaya dan religius yang digunakan bangsa Indonesia. Hal itu berarti setiap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana seperti falsafah dikenal dengan Tri Sakti Bungkarno yaitu: Berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan yang ketiga berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

 

Upacara bendera peringatan lahir pancasila tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini peserta upacara bendera tidak melibatkan Lurah dan Sekretaris Lurah Se-Kecamatan Buleleng. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi Pandemi Covid19 untuk mengurangi dari kerumunan. Namun tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Lahir Pancasila, melalui himbauan Camat Buleleng, Lurah Perbekel melaksanakan upacara bendera di Kantor Lurah maupun Kantor Perbekel masing-masing. Selain itu meminta Perbekel/Lurah mengajak masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih pada hari ini tepat pada Hari Lahir Pancasila.

 

Pengibarkan bendera Merah Putih bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, merujuk pada Surat Edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 poin (d) yang menyebut 'Seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 hari pada tanggal 1 Juni 2021. Baik Swasta, perkantoran, semua masyarakat dihimbau untuk menaikkan bendera Merah-Putih satu tiang, sebagai wujud nasionalisme dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila.

Share Berita Ini :