(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Upacara Ngelemekin Piodalan di Parhyangan Padmasana Kantor Camat Buleleng

Admin buleleng | 20 Januari 2022 | 60 kali

Setelah melaksanakan upacara piodalan yang sudah dilaksanakan pada hari Senin 17 Janurai 2022 bertepatan pada rahina  Purnama sasih Kawolu, Some pon wuku Matal. Hari ini Kamis,(20/1) berlangsung upacara Ngelemekin/Ngetelunin bagian prosesi dari dudonan upacara jantenan piodalan di Parhyangan Padmasana kantor Camat Buleleng.

Hadir Camat Buleleng, I Nyoman Riang Pustaka, S.IP didampingi Sekretaris camat Buleleng, Para Kasi dan Kasubag serta seluruh Karyawan/Karyawati Pegawai Kantor camat Buleleng menghaturkan serada bhakti, dimana upacara Ngelemekin/ngetelunin di puput oleh Jro Mamgku Ida Bagus Artana, pengempon di Parhyangan Padmasana Kantor Camat Buleleng.

Usai menghaturkan baten upacara ngelemekin, acara dilanjutkan dengan melaksanakan sembahyang bersama Puja Puja Trisandya dan Kramaning sembah, dipimpin oleh Ngakan Ketut Alit selaku pengenter acara serta dilanjutkan dengan nunas wangsuh pada Ida bathara.

Acara Ngelemekin/Ngetelunin dilaksanakan dengan makna mengucapkan rasa Puji Syukur terhadap Ida Sanghyang Widi Wasa beristana di Parhyang Padmasana, telah diberikan keselamatan dan kelancaran didalam pelaksanaan dudonan piodalan upacara telah berjalan kusuk, serta menuntun dan melindungi sekaligus memudahkan segala urusan upacara.

Ngelemekin artinya memupuk hal-hal yang baik sehingga membawa manfaat untuk hari-hari berikutnya. Misalnya memupuk rasa kebersamaan, persatuan, welas asih serta sebagai tanda berakhirnya tugas kepanitiaan secara niskala.