(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

TM Lomba Penjor Hias Serangkaian HUT Kota Singaraja Ke 420 Tahun 2024

Admin buleleng | 22 Maret 2024 | 51 kali

Melalui Seksi Sosoial dan Budaya Kecamatan Buleleng, Staf Seksi sosial dan Budaya I Ketut Artaya, S.Sos, mewakili Kepala Seksi Sosbud Seijin Camat Buleleng, Jumat (22/3), menghadiri Teklnikel Meeting persiapan lomba Penjor Hias dalam rangka HUT Kota Singaraja ke 420 Tahun 2024 bertempat di Wantilan Sasana budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

Rapat dibuka dan dipimpin langsung Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang diwakili Kabid Adat Istiadat. Dalam sambutannya disampaikan bahwa dalam rangka HUT Kota Singaraja ke 420 Tahun 2024 diakan Lomba Penjor Hias yang akan diselenggarakan Selas,26 Maret 2024 yang bertempat di bertempat di Lapangan Bhuana Patra Singaraja, serta waktu pelaksanaan / pengerjaan penjor dimulai pada pukul 13. 00 wita dan sampai selesai dikerjakan pada pukul 16. 00 wita.

Dalam TM dijelaskan salah satu Kriteria Lomba Penjor Hias disepakati antara lain jumlah Tim terdiri dari 5 orang putra-putri ( Berpakaian Adat Madya ) dan  Tiying penjor disiapkan oleh peserta (tinggi 7 meter diukur dari atas tanah,sampai atas lengkungan sudah dipasang di Lapangan Bhuana Patra ) pemasangan Jempong 2,5 M dari atas tanah.

Adapun tujuan diselenggarakanya lomba tersebut yakni dengan adanya Lomba Penjor Hias dapat turut berinisiatif aktif dalam memeriahkan HUT Kotam Singaraja ke 420 Tahun 2024 serta untuk M\melestarikan  Seni  dan  Budaya  kearifan  lokal  dan  mengembangkan  kreatifitas  berkesenian khususnya Penjor Hias dilingkup pemerintahan Kabupaten Buleleng dan masyarakat Buleleng pada khususnya.

Tampak hadir dalam Teklnikel Meeting Kadis Kebuduayaan Kab.Buleleng yang diwakili Kabid adat-istiadat, Para perwakilan OPD dan BUMD Lingkup Pemda Buleleng, Para Dewan Juri Lomba Penjor Hias, Para Camat se-Kabupaten Buleleng atau yang diwakili, serta Para Lurah se-Kecamatan Buleleng atau yang mewakili.