(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Hari kedua Tim Monev Kecamatan Buleleng Sasar Desa Anturan

Admin buleleng | 17 Desember 2019 | 221 kali

Dipimpin oleh Kasi Pemerintahan, Putu Sudanta, S.H mewakili Camat Buleleng, Selasa(17/12). Tim Monitoring dan Evaluasi Kecamatan Buleleng kembali melaksanakan monotoring Ranperdes tentang APBDesa tahun anggaran 2020 dihari kedua. Kali ini Tim Monev sasar 2 Desa sekaligus dengan di awali dari Desa Anturan.

Diterima langsung oleh Perbekel Desa Anturan, Ir.Made Budi Arsana bersama Sekretaris, Kaur dan Kasi sekaligus Kelian Banjar Dinas serta Ketua BPD bersama anggota mengucapkan selamat datang di Desa Anturan kepada Tim Monev Kecamatan Buleleng.

Dalam sambutannya, Perbekel Desa Anturan mengapresiasi kedatangan Tim Monev dari Kecamatan yang sudah secara langsung ke Desa, dalam rangka evaluasi dalam rancangan Ranperdes nantinya akan dimasukkan di RKPDesa yang di tuangkan di APBDesa tahun anggaran 2020.

Kasi pemerintahan dalam hal ini diwakili I Made Sudiada selaku Tim Monev, menyampaikan beberapa hal penting di dalam penyusunan RKPDesa. Desa diharapkan merancang Peranturan dalam menujang RKPDesa yang dituangkan di APBDesa tahun anggran 2020.

RKPDesa diharapkan menjadi tolak ukur pembangunan di segala bidang dengan skala perioritas yang di tuangkan di Musdes bersama BPD serta tokoh-tokoh masyarakat, dengan di awali dari tingkat Musdus.

Disinggung pula terkait PAD (Pendapatan Asli Desa) Desa Anturan. Diharapkan melalui Bumdesa, Pemerintahan Desa Anturan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk Desa lebih maju dan mandiri.

Dijelaskan oleh Sekretaris Desa, Kadek Wira Hastika dalam pemaparan materinya, mengatakan bahwa realisasi APBDes Tahun 2019 desa anturan sudah memenuhi target sesuai dengan program dan kegiatan yang tertuang dalam APBDes 2019. Progres penyusunan rancangan APBDes untuk tahun 2020 sedang dibahas bersama BPD.

Begitu pula disampaikan oleh ketua BPD Anturan, mengharapkan dengan adanya pembinaan dan evaluasi rancangan APBDes ini akan lebih menyempurnakan kembali dengan bersinergi dengan perbekel dalam mendukung pembangunan Desa.