(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Kasi Sosbud Kantor Camat Buleleng Hadiri Technical Meeting Parade Endek Tahun 2020

Admin buleleng | 05 Maret 2020 | 383 kali

Kamis(5/3) bertempat di Gedung Sasana Budaya Singaraja. Kasi Sosial dan Budaya Kantor Camat Buleleng, I Ketut Suryantini, S.Sos,M.Si, seijin Camat Buleleng menghadiri undangan technical meeting dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.

Technical meeting dilaksanakan dalam rangka persiapan  Parade Endek, dimana akan dilaksanakan pada tanggal, 30 maret tahun 2020 menjadi agenda perayaan HUT Kota Singaraja ke-416.

Technical meeting dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kesenian Disbud Buleleng, Wayan Sujana didampingi oleh Kepala Seksi di Bidang Kesenian Nyoman Mulyawan.

Dijelaskan disela Sambutannya oleh Kabid Kesenian Wayan Sujana, Peserta Parade Endek tahun 2020 diwajibkan diikuti oleh OPD Se-Kabupaten Buleleng, BUMD Se-Kabupaten Buleleng, Bagian lingkup SETDA Buleleng, 9 Kecamatan di Kabupaten Buleleng dengan melibatkan Desa-desa yang ada di wilayahnya, dengan Kreteria peserta  berpasangan pria dan wanita usia minimal 18 tahun.

Lebih lanjut dibahas mengenai tata cara busana adat ke kantor dan ke pesta yang akan diparadekan. Selain itu, membahas juga bagaimana nantinya aspek penilaian yang akan dilakukan oleh para dewan juri. Diharapkan para peserta untuk kreteria lomba agar menggunakan bahan endek asli buatan Buleleng dengan warna dan motif bebas.

Pada kesempatan tersebut Kecamatan Buleleng yang ikut serta dalam para endek, mendapatkan no undi 7 untuk busana adat hari kerja, dan no undi 21 untuk busana pesta.Disela technical meeting berlangsung dipaparkan selaku contoh adat busana hari kerja.