(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Lomba Kekawin Remaja Putri, Sertai Bulan Bahasa Bali Kecamatan Buleleng Tahun 2020

Admin buleleng | 26 Februari 2020 | 861 kali

Dalam rangka melestarikan Adat dan Istiadat Budaya Bali terutama dalam pelestarian adat bidang (kekawin), Pemerintah Kecamatan Buleleng melalui Panitia Penyelenggara Widya Sabha Kecamatan Buleleng selenggarakan Lomba Kekawin tingkat Remaja Putri di Bulan Bahasa Bali, dengan melibatkan 11 peserta dari Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng.

Dilaksanakan Lomba Kekawi tingkat remaja putri di Bulan Bahasa Bali di hari ke tiga, Tidak hanya pelestarian budaya yang adi luhung, juga untuk lebih mencintai adat budaya dari tingkat anak-anak hingga remaja selaku generasi penerus khusunya mekekawin, Sekaligus untuk menunjang program Pemerintah Daerah Khusunya Peraturan Gubernur Bali No.80 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Dari hasil penilaian ke tiga Dewan Juri di antarannya, I Made Selamat  bersama Made Wirtana dan I Ketut Tika, dengan limit waktu kurang lebih 90 menit, memutuskan bahwa yang meraih juara I, di raih oleh No Undi 10 dengan total nilai, 565 peserta remaja putri dari Desa Alasangker.

Di susul No Undi 8 meraih juara II dengan Nilai 561 peserta remaja putri dari Desa Tukadmungga, dan Juara III di raih oleh peserta remaja putri dari Desa Baktiseraga No Undi 1 total nilai mencapai 514.

Usai Pengumuman pemenang lomba, Sekretaris Camat Buleleng, Ni Putu Sri Sundariani, S.STP bersama Kasi Sosbud Kantor Camat Buleleng, I Ketut Suryantini, S.Sos,M.Si dan Ketua Widya Sabha Kecamatan Buleleng, secara langsung menyerahkan hadiah Piala sekaligus uang pembinaan kepada para pemenang lomba.

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali Kecamatan Buleleng tahun 2020 ini akan ditutup esok hari, sertai pula lomba Mekidung tingkat remaja, dimana pesertanya akan diikuti 10 peserta dari Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng.