(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pembinaan Awal Lomba DSL, Desa PohBergong

Admin buleleng | 25 Februari 2020 | 511 kali

Dalam rangka persiapan Lomba Desa Sadar Lingkungan (DSL), dimana Desa PohBergong selaku duta Kecamatan Buleleng dalam lomba DSL tingkat Kabupaten Tahun 2020, Tim Pembina Kecamatan Buleleng melaksanakan pembinaan awal terhadap Desa Adat PohBergong Selasa,(25/2) bertempat di Wantilan Pura Desa Adat PohBergong.

Diterima langsung oleh Kelian Desa Adat PohBergong, Gede Redi Artana bersama Krama Adat PohBergong, menyampaikan selamat datang di Desa PohBergong. Dalam sambutanya, Kelian Desa Adat sangat mengapresiasi dimana Desa Adat PohBergong diberikan kesempatan wakili Kec.Buleleng dalam lomba DSL di tahun 2020 ini.

Kasi Pelayanan Terpadu Kantor Camat Buleleng, Ni Ketut Darmi, S.H, selaku Sekretaris Tim Pembina, menyampaikan beberapa hal dalam pembinaan awal. Disampaikan susunan Tim Pendamping Kecamatan yang akan mendampingi didalam proses pembinaan lebih lanjut.

Lebih lanjut, Ketut Darmi Sekretaris Tim Pembina Kecamatan menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan lomba DSL, selain untuk mendukung program pemerintah Daerah juga untuk menciptakan Desa yang bersih, Asri dan lestari.

Disampaikan pula terkait tata cara/syarat penilaian yang akan dinilai pada bulan Juni mendatang. Ada 5 Kawasan dan 6 Aspek yang akan dinilai di antaranya:
1.Kawasan Tempat Suci
2.Kawasan Pemungkiman
3.Kawasan Umum
4.Kawasan Pendidikan/Kesehatan
5.Kawasan Perairan.
Serta 6 Aspek yang dinilai yakni:
1. Aspek Pengelolaan Sampah
2. Aspek Kebersihan(Penyedian Sarana Kebersihan)
3.Aspek Partisipasi Masyarakat.(Diharapkan melibatkan Masyarakat dalam pelaksanaan Gotong-royong).
4. Aspek Penghijauan/Perindangan(Diharapkan ada aspek Perindangan untuk menciptakan lingkungan Asri)
5. Aspek limbah Cair( Diharapkan saluran air/Got tidak tersubat)dan,
6. Aspek Peraturan/Awing-awing( Dimana sangat perlu di terapkan dan dilaksanakan selaku pedoman/aturan dalam krama adat).

Diakhir pembinaan Tim Pembina Kec.Buleleng memberikan kesempatan tanya jawab untuk lebih mematangkan pembinaan lebih lanjut, sekaligus diharapkan Desa Adat PohBergong agar membuat susunan organisasi Tim pendamping DSL dari Desa Adat PohBergong.