(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Pembinaan Ke 2 Lomba DSL Desa PohBergong

Admin buleleng | 10 Maret 2020 | 197 kali

Pembinaan ke 2 kalinya persiapan Lomba Desa Sadar Lingkungan (DSL) dilaksanakan Selasa,(10/3) bertempat di Wantilan Pura Desa PohBergong.

Tim Pembina Kecamatan secara langsung melaksanakan Pembinaan terhadap Desa Adat PohBergong, dimana Desa PohBergong nanatinya selaku duta Kecamatan Buleleng dalam Lomba Desa Sadar Lingkungan di Tingkat Kabupaten. Dihadiri sekaligus di koordinir oleh Kasi Pelayanan Terpadu Kantor Camat Buleleng, Ni Ketut Darmi, SH, bersama Kasi Sosial dan Budaya Kantor Camat Buleleng, Kasi Trantib serta seluruh Tim Pembina DSL terlibat dalam pembinaan berlangsung.

Ni Ketut Darmi, Kasi Pelayanan Terpadu, kembali menyampaikan maksud dantujauannya didalam pelaksanaan lomba DSL. Tujuan diselenggarakan lomba DSL, selain untuk mendukung program pemerintah Daerah juga untuk menciptakan Desa yang bersih, Asri dan lestari.

Disampaikan kembali terkait tata cara/syarat penilaian yang akan dinilai pada bulan Juni mendatang. Ada 5 Kawasan dan 6 Aspek yang akan dinilai di antaranya:

1.Kawasan Tempat Suci

2.Kawasan Pemungkiman

3.Kawasan Umum

4.Kawasan Pendidikan/Kesehatan

5.Kawasan Perairan.

Serta terdapat 6 Aspek yang dinilai yakni:

1. Aspek Pengelolaan Sampah

2. Aspek Kebersihan(Penyedian Sarana Kebersihan)

3. Aspek Partisipasi Masyarakat.(Diharapkan melibatkan Masyarakat dalam pelaksanaan Gotong-royong).

4. Aspek Penghijauan/Perindangan(Diharapkan ada aspek Perindangan untuk menciptakan lingkungan Asri)

5. Aspek limbah Cair( Diharapkan saluran air/Got tidak tersubat)dan,

6. Aspek Peraturan/Awing-awing( Dimana sangat perlu di terapkan dan dilaksanakan selaku pedoman/aturan dalam krama adat).