(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Penilaian Lomba Kearsipan Tingkat Kabupaten Buleleng di Kantor Camat Buleleng

Admin buleleng | 07 Mei 2018 | 574 kali

Dalam upaya peningkatan Tata Kelola Kearsipan di Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Kecamatan Buleleng, maka dilaksanakan Lomba Kearsipan antar Kecamatan Tingkat Kabupaten Buleleng oleh Tim Penilai dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Bidang PPPA, Senin (7/5/18) di Kantor Camat Buleleng.

Penilain tersebut dihadiri sekaligus dipimpin langsung oleh ketua Tim penilai kabid PPPA I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM didampingi Kasi Pengelolaan Arsip Md Ngr Setiawan, Arsiparis Undiksha Kadek Budiastra dan petugas teknis kearsipan DAPD selaku anggota tim penilai, yang diterima langsung oleh Camat Buleleng Dewa Made Ardika, juga di hadiri oleh Lurah Se-Kecamatan Buleleng, Kepala Puskesmas se-Kecamatan Buleleng, dan Kepala UPP Kecamatan Buleleng. 

Sebelum dilaksanakannya penilaian, Camat Buleleng menyampaikan dalam sambutannya sangat apresiasi diselenggarakanya lomba kearsipan yang bertujuan untuk peningkatan tata kelola kearsipan kuhusunya di ruang lingkup Kantor Camat Buleleng, selain itu  sekaligus sebagai pembinaan di dalam tata kelola kearsipan baik di Kecamatan maupun di Desa/kelurahan. Disampaikan juga oleh Bapak Camat bahwa sebenarnya kearsipan tersebut bukan sesuatu yang asing dan tidak boleh dianggap sepele. Tata kelola kearsipan yang baik dan memadai di suatu lembaga atau pemerintahan tentunya akan membawa dampak yang sangat positif dalam meningkatkan akuntabilitas pemerintahan. Seperti yang diketahui bersama, kegiatan lomba ini merupakan salah satu langkah atau strategi nyata untuk membangkitkan dan lebih meningkatkan lagi kesadaran akan keberadaan arsip-arsip yang sebetulnya sangat bernilai bagi history sebuah peristiwa/kejadian untuk menunjang pertanggungjawaban sebuah kegiatan dengan bukti yang sah, valid, otentik dan nyata.

Kabid PPPA I Putu Kariaman Putra,S.Sos,MM juga menyampaikan dalam sambutannya tujuan dari pelaksanaan penilaian kearsipan ini bukan semata-mata untuk mencari juara, namun yang terpenting adalah terbinanya sumberdaya manusia tentang pentingnya pemahaman terhadap kearsipan. Selain dari pada itu’ melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan sarana dan prasarana kersipan yang selama ini sangat mendukung terhadap suksesnya proses arsip dari penerimaan surat sampai pada tingkat akhir. Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga  pokok dari penilaian ini bukan sebagai ajang penetuan yang terbaik atau yang terburuk, akan tetapi Lomba ini merupakan langkah untuk memotivasi instansi pemerintah agar dapat mengelola arsip secara baik sesuai  peraturan yang berlaku.

Adapun kreteria Penilaian Lomba ini meliputi beberapa aspek diantaranya :

1.SDM Kearsipan

2.Sarana dan Prasarana

3.Penerapan Sistem Kearsipan

4.Penataan Arsip

5.Pemberkasan Arsip Aktif

6.Pemberkasan Arsip Inaktif

7.Temu Balik Arsip

8.Penyusunan Arsip

9.Unsur Lain

Disela –sela penilaian Tim penilaian meminta kepada petugas pengelola kearsipan di masing-masing Seksi untuk mempraktekkan tata cara pengeloaan arsip, pengolahan berkas dan pelayanan kearsipan dengan metode Cepat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.