(0362) 24346
camatbuleleng@gmail.com
Kecamatan Buleleng

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Tahun 2020 Di Kantor Camat Buleleng

Admin buleleng | 24 Februari 2020 | 588 kali

 

Senin(24/2) bertempat di halaman Kantor Camat Buleleng. Pemerintah Kecamatan Buleleng melalui kendali Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos, M.Si tahun ini kembali melaksanakan Bulan Bahasa Bali Tahun 2020.

Camat Buleleng secara resmi membuka penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali dimana bertemakan”Malarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Atma Kertih” ditandai dengan pemukulan Gong, didampingi Unsur Dinas Kebudayaan Kab.Buleleng, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab.Buleleng, Kapolsek Kota Singaraja, Danranmil 1609-01 Buleleng, Ketua Widya Sabha Kecamatan selaku Ketua Panitia, Ketua Majelis Desa Adat Kec.Buleleng, WHDI beserta PHDI.

Hadir Pula Undangan Perbekel/Lurah, Kelian Desa Adat Se-Kecamatan Buleleng, Penyuluh Bahasa Bali, Penyuluh Agama Kecamatan Buleleng dan Para peserta lomba.

Sebelumnya, diawali laporan Panitia Penyelenggara Ketua Widya Sabha Kecamatan Buleleng, I Nyoman Mawan, melaporkan terkait lomba yang diselenggarakan di Bulan Bahasa Bali Tahun 2020.

Disampaikan dalam laporannya, penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Tahun ini diserta berbagai perlombaan, mulai dari lomba (Nyurat Aksara Bali) pesertanya dari Anak-anak Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng, Lomab (Ngewacen Puisi Bali) diikuti oleh PKK Desa/Kelurahan, dan Lomba (Kakawin) Anak Remaja dengan peserta 11 Orang, sekaligus Lomba (Mekidung) dimana pesertanya juga tingkat  remaja.

Dijelaskan pula oleh ketua panitia, pelaksanaan lomba dibuka hari ini, dengan diawali lomba Nyurat Aksara Bali, dimana akan di tutup pada tanggal 27 Pebruari 2020 mendatang.

Camat Buleleng dalam sambutannya, tujuan lomba Bulan Bahasa Bali bertemakan”, Malarapan Bulan Bahasa Bali, Nyujur Atma Kertih”, selain untuk menunjang program Pemerintah Daerah Khusunya Peraturan Gubernur Bali No.80 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, juga bertujuan untuk Ngajegang dan melestarikan Budaya Bali yang adi luhung diantaranya Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Ucap Camat Buleleng.

Selain itu, Beliau sangat mengapresiasi kerjasama tim, baik dari unsur Penyuluh Bahasa Bali dan Ketua Penyelenggara dari Widya Sabha Kecamatan Buleleng yang telah Sukses di dalam penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, karena Satu-satunya Kecamatan di Kabupaten Buleleng yang menyelenggarakan Bulan Bahasa Bali, dengan disertai bebagai loma dalam rangka Ngajegang/menjaga Adat istiadat Budaya dan tradisi. Ungkap Camat Buleleng lebih lanjut.

Usai sambutannya, Camat Buleleng beserta para undangan secara resmi membuka lomba tersebut ditandai pemukulan Gong.